Jenis Uang Berdasarkan Nilainya | simpleNEWS05



Jenis Uang Berdasarkan Nilainya

Dalam kegiatan ekonomi, uang mempunyai peranan yang sangat penting. Dengan adanya uang, kegiatan ekonomi masyarakat menjadi lebih lancar. Uang digunakan oleh masyarakat untuk membeli barang atau jasa yang dibutuhkan. Uang juga digunakan untuk menyimpan kekayaan dan untuk membayar hutang.


Kebanyakan jenis uang sekarang ini adalah yang berupa logam dan kertas, nilai kedua uang tersebut juga tidak sama. untuk lebih jelasnya berikut ini jenis-jenis uang berdasarkan nilai yang dimiliknya, yaitu :

  1. Uang bernilai penuh (full bodied money), adalah uang yang nilai intrinsiknya sama dengan nilai nominalnya. Nilai intrinsik ialah nilai uang yang ditentukan oleh nilai bahan pembuatannya. Misalnya, uang emas, nilai intrinsiknya adalah harga emas yang terkandung dalam uang tersebut yang dijamin sepenuhnya oleh emas. Adapun nilai nominal adalah nilai yang tercantum pada setiap mata uang, baik uang logam maupun uang kertas.
  2. Uang tidak bernilai penuh (representative full bodied money) dikenal dengan nama uang bertanda (token money) adalah uang yang nilai intrinsiknya lebih kecil dari nilai nominalnya. Misalnya, nilai kertas yang digunakan untuk membuat uang Rp10.000,00 nilai bahannya kurang dari Rp10.000,00.


Like, Share, dan Subscribe yah teman. :)


Materi Lainnya:

0 Response to "Jenis Uang Berdasarkan Nilainya | simpleNEWS05"

Post a Comment