Macam-Macam Pendapatan Nasional | simpleNEWS05



Macam-Macam Pendapatan Nasional

Pendapatan Nasional meupakan pendapatan yang diperoleh secara nasional yang didapatkan dari berbagai Produksi barang dan jasa. Dilihat dari jumlah barang / jasa yang dihasilkannya, pendapatan nasional dapat dikelompokkan menjadi :


1.  Produk Domestik Bruto (PDB)

Produk Domestik Bruto (PDB) sering juga dikenal dengan Gross Domestic Product (GDP) adalah nilai barang dan jasa yang dihasilkan oleh seluruh warga masyarakat (termasuk warga negara asing) suatu negara dalam periode tertentu, biasanya satu tahun.

namun dalam hal ini, kita perlu membedakan antara Produk Domestik Bruto (PDB) dengan Produk Nasional Bruto (PNB). Dalam Produk Nasional Bruto (PDB) sudah termasuk pendapatan netto dari hasil usaha diluar negeri, sedangkan Produk Domestik Bruto (PDB) merupakan hasil semua kegiatan yang dikerjakan didalam negeri termasuk kegiatan orang asing yang ada di negeri kita.

Pada Produk Nasional Bruto , hasil investasi atau kegiatan orang asing di negara kita tidak dimasukkan dalam perhitungan, sedangkan hasil kegiatan bangsa indonesia di luar negeri dimasukkan. setelah perbedaan antara kegiatan ini diperoleh, lalu ditambahkan pada produk domestik bruto sehingga diperoleh apa yang disebut dengan Produk Nasional Bruto.

2. Gross National Product (GNP)

GNP (Gross Nasional Product=produk nasional kotor) sering juga disebut dengan Produk Nasional Bruto (PNB) adalah seluruh nilai produksi barang dan jasa yang dihasilkan oleh masyarakat susatu negara dalam periode tertentu, biasanya satu tahun, termasuk didalamnya barang dan jasa yang dihasilkan oleh masyarakat negara tersebut yang berada di luar negeri.

Barang dan jasa yang dihasilkan warga negara asing yang berusaha didalam negeri tidak termasuk unsur Gross National Product (GNP). dengan demikian, GNP dapat dirumuskan sebagai berikut :
GNP = GDP - Produk netto terhadap luar negeri
3. Net National Product (NNP)

NNP (Net National Product = produk nasional bersih) adalah jumlah barang dan jasa yang dihasilkan oleh masyarakat dalam periode tertentu, biasanya satu tahun, setelah dikurangi penyusutan (depresiasi) dan barang pengganti modal. dengan kata lain, NNP dapat ditulis sebagai berikut :

NNP = GNP - (Penyusutan + Barang Pengganti Modal)
4. Netto National Income (NNI)

NNI (Netto National Income = Pendapatan Nasional Bersih) adalah jumlah seluruh penerimaan yang diterima oleh masyarakat dalam periode tertentu, biasanya satu tahun, setelah dikurangi pajak tidak langsung (indirect tax). NNI dapat dirumuskan sebagai berikut :

NNI = NNP - Pajak Tidak Langsung
5. Personal Income (PI)

PI (Personal Income = Pendapatan perseorangan) adalah jumlah seluruh penerimaan yang diterima oleh masyarakat yang benar-benar sampai ketangan masyarakat, karena masih harus dikurangi oleh laba ditahan, iuran asuransi, iuran jaminan sosial, pajak perseorangan, dan ditambah dengan transfer payment (pembayaran pindahan). dengan demikian, personal income dapat dirumuskan sebagai berikut :

PI = (NNI + Transfer Payment) - (Iuran Jaminan Sosial + Iuran Asuransi + Laba Ditahan + Pajak Perseorangan)
6. Disposable Income (DI)

DI (Disposable Income = Pendapatan Bebas) adalah pendapatan yang diterima masyarakat yang sudah siap dibelanjakan oleh penerimanya. Jadi, pendapatan ini adalah pendapatan yang benar-benar sudah menjadi hak enerimanya. DI dapat dirumuskan sebagai berikut :

DI = PI - Pajak Langsung

Materi Lainnya:

0 Response to "Macam-Macam Pendapatan Nasional | simpleNEWS05"

Post a Comment