Pengertian dan Defenisi dari Pengangguran Konjungtural (Cycle Unemployment) | simpleNEWS05



Pengertian dan Defenisi dari Pengangguran Konjungtural (Cycle Unemployment)

Pengangguran konjungtural adalah pengangguran yang diakibatkan oleh perubahan gelombang (naik turunnya) kehidupan perekonomian. Pada saat perekonomian mengalami masa resesi (kemunduran) dan masa depresi (kehancuran), perusahaan-perusahaan banyak yang mengalami kerugian.


Jika perusahaan dalam keadaan merugi, sebagian tenaga kerja yang diperkerjakan tidak adapat diberi gaji sehingga perusahaan akan mengambil kebijakan PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) terhadap sebagian para pekerjanya. Mereka yang di-PHK akan menjadi penganggur. Penganggur demikian disebut pengangguran konjungtural. (sumber : dikutip dari buku)

Pada sumber lainnya dikemukakan tentang pengangguran konjungtural, yaitu Pengangguran Konjungtural/Siklis (Cycle unemployment) timbul karena adanya gelombang naik turunnya kehidupan ekonomi, seperti terjadinya kemunduran (resesi) dan depresi sehingga mengakibatkan adanya pemutusan hubungan kerja terhadap karyawan dan buruh.

Sumber pustaka : Membuka Cakrawala Ekonomi 2 : Untuk Kelas XI Sekolah Menengah Atas/Mandrasah Aliyah Program Ilmu Pengetahuan Sosial / penulis,Imamul Arifin, Giana Hadi Wagiana ; penyunting, Ayatullah Khomaeni, Akhbar Wahidin, Bambang Supratman. -- Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2009.

Materi Lainnya:

1 Response to "Pengertian dan Defenisi dari Pengangguran Konjungtural (Cycle Unemployment) | simpleNEWS05"