Home » » Pengertian Pengangguran

Pengertian Pengangguran

Written By Harno Malik on Monday, July 15, 2013 | 5:32 AM

the unemployment illustration [Picture by Google.com], 
Pengangguran adalah seseorang yang tergolong angkatan kerja dan ingin mendapatkan pekerjaan, tetapi belum dapat memperolehnya (Sadno Sukirno : 14)

Seseorang yang tidak bekerja tetapi tidak sedang aktif mencari pekerjaan dan tidak tergolong sebagai pengangguran adalah para ibu rumah tangga. Mereka tidak mau bekerja karena ingin mengurus keluarganya, atau para anak orang kaya, mereka tidak ingin bekerja karena gajinya lebih rendah dari yang diinginkannya. Kelompok ibu rumah tangga dan anak orang kaya tersebut dikategorikan sebagai pengangguran sukarela .

Tingginya tingka pengangguran akan mengurangi pendapatan masyarakat sehingga dengan adanya pengangguran, tingkat kemakmuran masyarakat akan berkurang.

Penganggran akan menimbulkan masalah eknomi dan social bagi individu yang mengalamina. Pengangguran juga akan berdampak negative terhadap keadaan ekonomi, politik, dan social baginegara yang mempunyai tingkat pengangguran yang tinggi. Pengangguan sangat berpengaruh terhadap pencapaian kesejahteraan masyarakat dan prospek pembangunan di Negara yang bersangkutan.

0 komentar:

Post a Comment