Home » » Pengertian Pemilihan Umum (Pemilu)

Pengertian Pemilihan Umum (Pemilu)


Pengertian Pemilihan Umum (Pemilu) ~ Sarana politik untuk mewujudkan kehendak rakyat kepada Negara dalam system Demokrasi Pancasila adalah Pemilihan Umum (Pemilu). Rakyat sebagai pemegang kedaulatan berhak menentukan warna dan bentuk pemerintahan serta tujuan yang hendak dicapai, sesuai dengan konstitusi yang berlaku.

Dalam pasal 1 ayat 2 UUD 1945 disebutkan “kedaulatan berada di tangan rakyat, dan dilaksanakan menurut Undang-Undang Dasar”. Pasal ini mengandung arti bahwa seluruh rakyat, seluruh golongan, seluruh daerah akan mempunyai wakil dalam majelis sehingga majelis itu akan betul-betul dapat dianggap sebagai penjelmaan rakyat.

Kedaulaan rakyat diserahkan sepenuhnya kepada Majelis Permusyawaratan Rakyat melalui pemilu. Dengan demikian, MPR merupakan penjelmaan rakyat sebagai pemegang kekuasaan Negara tertinggi. (sumber : dikutip dari buku)  SELANJUTNYA 


Baca juga Postingan lainnya yang berhubungan dengan "pemilu" berikut ini :

Terima kasih telah membaca postingan diblog ini, like dan share ke teman-teman yang lain jika postingan ini bermanfaat dengan cara mengklik tombol share Twitter, Google plus, dan Facebook dibawah ini:



Posted By Harno Malik on | 5:17:00 PM


0 komentar:

Post a Comment

Back to top