Jenis Kota Berdasarkan Tingkat Perkembangannya | simpleNEWS05



Jenis Kota Berdasarkan Tingkat Perkembangannya [Image by id.gofreedownload.net],

Kota juga dapat dibedakan menurut tingkat perkembangannya, dengan mengetahui tingkat perkembangannya maka kita dapat membedakan kota tersebut apakah kota tersebut kota yang baru menjadi kota ataukah kota tersebut menuju pada keruntuhan.


Berikut ini jenis-jenis kota berdasarkan tingkat perkembangannya, antara lain yaitu :
1. Tingkat Eopolis

Eopolis yaitu desa yang berkembang dan telah menunjukkan ciri-ciri kehidupan perkotaan atau yang berkemban menjadi kota baru.

2. Tingkat Polis

Polis yaitu suatu kota yang masih memliki ciri-ciri atau sifat agraris. sebagai kehidupan ekonominya masih ditopang oleh sektor pertanian. Di Indonesia sebagian besar perktaannya masih berada pada tingkat polis.

3. Tingkat Metropolis

Metropolis yaitu kota besar yang perekonomiannya sudah mengarah ke industri, misalnya, Jakarta, Medan, Bandung, dan Surabaya.

4. Tingkat Megalopolis

Megapolis yaitu wilayah perkotaan yang terdiri dari beberapa kota Metropolis yang berdekatan lokasinya sehingga membentuk jalur perkotaan yang sangat besar. dalam beberapa hal, kota pada tingkat Megalopolis ini telah menunjukkan adanya penurunan ualitas yang mendekati kemunduran. Contohnya gabungan kota-kota besar di Amerika Serikat dari Boston sampai Washington.

5. Tingkat Tryanopolis

Tryanopolis yaitu kota yang kehidupannya sudah dikuasai, baik yang berupa kemacetan lalu lintas, tingkat kriminalitas yang tinggi, penurunan pelayanan umum, dan sebagainya.

6. Tingkat Nekropolis
Nekropolis yaitu suatu kota yang berkembang menuju keruntuhan.

Materi Lainnya:

1 Response to "Jenis Kota Berdasarkan Tingkat Perkembangannya | simpleNEWS05"

  1. wahh sangat membantu bagi kami di pelosok negeri di atas awan dari SMA Kr. Barana' di Toraja Utara #REOSTY Class #BulasTUTI

    ReplyDelete