Home » » Jenis Kota Berdasarkan Tingkat Perkembangannya

Jenis Kota Berdasarkan Tingkat Perkembangannya

Posted By delsy jamal on | 11:48:00 AM



Jenis Kota Berdasarkan Tingkat Perkembangannya ~ Kota juga dapat dibedakan menurut tingkat perkembangannya, dengan mengetahui tingkat perkembangannya maka kita dapat membedakan kota tersebut apakah kota tersebut kota yang baru menjadi kota ataukah kota tersebut menuju pada keruntuhan. Berikut ini jenis-jenis kota berdasarkan tingkat perkembangannya, antara lain yaitu :

1. Tingkat Eopolis, yaitu desa yang berkembang dan telah menunjukkan ciri-ciri kehidupan perkotaan atau yang berkemban menjadi kota baru.

Iustrasi Kota [Image by id.gofreedownload.net], 
2. Tingkat Polis, yaitu suatu kota yang masih memliki ciri-ciri atau sifat agraris. sebagai kehidupan ekonominya masih ditopang oleh sektor pertanian. Di Indonesia sebagian besar perktaannya masih berada pada tingkat polis.

3. Tingkat Metropolis, yaitu kota besar yang perekonomiannya sudah mengarah ke industri, misalnya, Jakarta, Medan, Bandung, dan Surabaya.

4. Tingkat Megalopolis, yaitu wilayah perkotaan yang terdiri dari beberapa kota Metropolis yang berdekatan lokasinya sehingga membentuk jalur perkotaan yang sangat besar. dalam beberapa hal, kota pada tingkat Megalopolis ini telah menunjukkan adanya penurunan ualitas yang mendekati kemunduran. Contohnya gabungan kota-kota besar di Amerika Serikat dari Boston sampai Washington.
5. Tingkat Tryanopolis, yaitu kota yang kehidupannya sudah dikuasai, baik yang berupa kemacetan lalu lintas, tingkat kriminalitas yang tinggi, penurunan pelayanan umum, dan sebagainya.

6. Tingkat Nekropolis, yaitu suatu kota yang berkembang menuju keruntuhan.

Baca juga:

Bagikan ke Temanmu

0 komentar:

Post a Comment