klik disini
Home » » Planet Bumi, Satu-Satunya Yang Dihuni Makhluk Hidup

Planet Bumi, Satu-Satunya Yang Dihuni Makhluk Hidup


Planet Bumi, Satu-Satunya Yang Dihuni Makhluk Hidup ~ Bumi merupakan satu-satunya planet di tata surya yang dihuni oleh makhluk hidup. Bumi merupakan planet ketiga terdekat dengan matahari. Bumi mempunyai atmosfer yang tersusun dari nitronen (N2) 78%, Oksigen(O2) 21%, dan sisanya 1% terdiri dari argon, karbon dioksida, ozon dan gas-gas lain.


Diameter bumi kurang lebih 12.756 km dan kira-kira dua pertiga dari permukaan bumi ditutupi oleh air. Satu kali rotasi bumi pada porosnya memerlukan waktu 24 jam. Sedangkan kala revolusi bumi terhadap matahari adalah 365 1/4 hari atau satu tahun untuk satu kali putaran.

Bumi memiliki gravitasi adalah 9,8 m/s2 . jarak terjauh Bumi dari Matahari adalah 152 juta km, sedangkan jarak terdekatnya adalah 147 juta km. Massa Bumi adalah 5,98x1024 kg atau 6x1024 kg.

Sedangkan massa jenis Bumi adalah 5,25 g/cm3. Bumi memiliki sebuah satelit yaitu Bulan, Bulan selalu mengelilingi Bumi dalam peredarannya mengitari Matahari. Bumi satu-satunya planet di tata surya yang dihuni makhluk hidup.

Planet Bumi, Satu-Satunya Yang Dihuni Makhluk Hidup
Planet Bumi (Gambar : Google), 

Keadaan Planet Bumi

Bumi adalah salah satu planet dalam tata surya. Usia bumi diperkirakan telah mencapai 4,6 milyar tahun. Bumi mempunyai lapisan udara (atmosfer) dan medan magnet yang disebut magnetosfer yang melindungi permukaan bumi dari angin, matahari, sinar ultraviolet, dan radiasi dari luar angkasa.

Dari antariksa, bumi terlihat seperti bola yang indah dan cerah keadaannya. Sekitar 71% persen permukaan bumi tertutup air dan 29%-nya berupa daratan. Permukaan bumi terbagi atas belahan bumi utara dan belahan bumi selatan. Batas kedua belahan ini adalah garis khatulistiwa atau ekuator.


Mulai dari khatulistiwa ke arah Kutub Utara disebut belahan bumi utara, sedangkan dari khatulistiwa ke arah Kutub Selatan disbeut belahan bumi selatan. Panjang diameter bumi pada khatulistiwa adalah 12.756.776 m, sedangkan jika diukur melewati kutub, panjangnya hanya 12.713.824 m. Luas permukaan bumi seluruhnya 510.101.000 km2.

Perbedaan suhu di bumi antara -7oC sampai 55°C, massa bumi kira-kira 59760 milyar ton dengan luas permukaan 510 juta km persegi. Udara di bumi terdiri atas 78% gas nitrogen, 21% oksigen, 1% uap air, CO2, dan gas-gas lain.

Sumber pustaka : Ilmu Pengetahuan Sosial 3 : Untuk SMP/MTs Kelas ix / Danang Endarto…[et al] ; penyunting, Achmad Buchory, llustrator, Purwanto . — Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2009.

Baca juga postingan lainnya yang berkaitan dengan "tata surya" berikut ini :



Posted By delsy jamal on | 3:49:00 PM


0 komentar:

Post a Comment

Klik disini
Back to top