Home » » Planet Mars, Planet yang Kemerah-Merahan

Planet Mars, Planet yang Kemerah-Merahan

Planet Mars, Planet yang Kemerah-Merahan ~ Planet Mars juga disebut planet merah, karena jika dilihat langsung dengan mata atau teropong planet Mars tampak berwarna kemerah-merahan. Mars mempunyai saat-saat bersinar terang dan bersinar lemah. Pada saat terang, kita mudah menemukan planet Mars di langit yaitu saat Bumi berada di antara Mars dan matahari, tetapi bukan segaris.

Planet Mars, Planet yang Kemerah-Merahan
Planet Mars (Gambar : Google)
Mars merupakan Planet Luar (eksterior planet) yang paling dekat ke bumi. Planet ini tampak sangat jelas dari bumi setiap 2 tahun 2 bulan sekali, yaitu pada kedudukan oposisi. Pada saat itu jaraknya hanya sekitar 56 juta km dari bumi. Planet ini merupakan satu-satunya planet yang bagian permukaannya dapat diamati dari bumi dengan mempergunakan teleskop. Adapun planet-planet lain terlalu sulit untuk diamati karena diselubungi oleh gas berupa awan tebal dan jaraknya terlalu jauh dari bumi.

Pada saat bersinar lemah, Mars berada paling jauh dari Bumi dan tampak hanya seperti planet merah. Mars memiliki diameter 6.786 km. Mars berputar pada porosnya membutuhkan waktu 24,6 jam sedangkan kala revolusinya adalah 687 hari. Gravitasi Mars adalah 3,724 m/s2. Mars memiliki massa sebesar 66x102 kg, sedangkan massa jenis Mars adalah 3,93 g/cm3. Jarak rata-rata Mars dengan matahari adalah 249,1 juta km. Mars memiliki dua buah satelit yaitu Phobos dan Deimos.

Mars merupakan planet yang keadaannya paling mirip dengan bumi sehingga memungkinkan terdapatnya kehidupan. Oleh karena itu, para astronom lebih banyak menghabiskan waktunya untuk mempelajari Mars dibandingkan planet lain dalam jagat raya. Sampai sekarang planet ini terus diteliti dan diperkirakan mungkin terdapat kehidupan. Di antaranya ialah pada tahun 1976. Ekspedisi luar angkasa "Viking" didaratkan di Mars untuk meneliti keadaan di planet Mars serta ekspedisi-ekspedisi lainnya.


Sumber pustaka: Geografi 1 Jelajah Bumi dan Alam Semesta : untuk Kelas X Sekolah Menengah Atas /Madrasah Aliyah / penulis, Hartono; editor, Toni Kurniawan. -- Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2009.

Baca juga ini:



Posted By delsy jamal on | 3:52:00 PM


0 komentar:

Post a Comment

Klik disini
Back to top