Home » » Planet Merkurius, Terkecil di Tata Surya

Planet Merkurius, Terkecil di Tata Surya


Planet Merkurius, Terkecil di Tata Surya ~ Merkurius adalah planet terkecil dalam tata surya. Planet lebih kecil dari bumi dan letaknya paling dekat dengan matahari, merkurius memiliki diameter lebih kurang 4.878 km. Planet ini sering muncul rendah di kaki langit sebelah barat setelah Matahari terbenam. Kadang-kadang juga muncul di kaki sebelah timur menjelang matahari terbit.

Planet Merkurius, Terkecil di Tata Surya
Planet Merkurius (Gambar : Google)
Merkurius merupakan planet yang letaknya paling dekat ke matahari, jarak rata-ratanya sekitar 57,8 juta km. Oleh karena jaraknya yang sangat dekat ke matahari, maka suhu udara siang hari menjadi sangat panas, mencapai 400° C, sedangkan pada malam hari menjadi sangat dingin, mencapai -2000° C. Perbedaan suhu harian yang sangat besar disebabkan Merkurius tidak memiliki atmosfer.

Merkurius memiliki massa 330x1021 kg sedangkan massa jenis merkurius adalah 5,40 g/cm3. Sekali beredar mengelilingi Matahari, planet ini beredar mengelilingi matahari dalam suatu orbit eliptis (lonjong) dengan periode revolusinya sekitar 88 hari, dan periode rotasinya sekitar 59 hari. Gravitasi planet merkurius adalah 3,724 m/s2. Planet Merkurius tidak memiliki satelit.


Sumber pustaka: Geografi 1 Jelajah Bumi dan Alam Semesta : untuk Kelas X Sekolah Menengah Atas /Madrasah Aliyah / penulis, Hartono; editor, Toni Kurniawan. -- Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2009.
Baca juga postingan lainnya yang berkaitan tentang "tata surya" berikut ini :

Terima kasih telah membaca postingan diblog ini, like dan share ke teman-teman yang lain jika postingan ini bermanfaat dengan cara mengklik tombol share Twitter, Google plus, dan Facebook dibawah ini:



Posted By delsy jamal on | 3:45:00 PM


0 komentar:

Post a Comment

Back to top