Home » » Planet Uranus, Selalu Ditutupi Awan Tebal

Planet Uranus, Selalu Ditutupi Awan Tebal


Planet Uranus, Selalu Ditutupi Awan Tebal ~ Planet Uranus ditemukan oleh Sir Wilhelm Herschell dari inggris pada tahun 1781. planet ini memiliki jarak rata-rata dari matahari lebih kurang 2.869 juta km. Planet ini diselubungi oleh awan tebal sehingga sulit diselidiki permukaannya.

Planet Uranus, Selalu Ditutupi Awan Tebal
Planet Uranus (Gambar : Google), 
Massa peredaran mengelilingi matahari (kala revolusi) adalah 84 tahun dan kala rotasinya adalah 17 jam dengan arah rotasi sama seperti venus, yaitu dari timur ke barat. Diameter uranus mencapai 51.118 km. Massa uranus adalah 8724x1022 kg, sedangkan massa jenisnya adalah 1,27 g/cm3. Gravitasi planet uranus adalah 9,016 m/s2.

Planet uranus memiliki 15 satelit yaitu Miranda, Ariel, Umbriel, Titania, Oberon, dan sepuluh lagi belum diberi nama. Planet ini tampak berwarna hijau kebiru-biruan. Atmosfer planet ini terdiri dari hidrogen, helium, dan metana. Karena jauh dari matahri, suhu planet ini sangat dingin, kira-kira -900 oC dan atmosfer Uranus dipenuhi oleh hidrogen, helium, dan metana.


Seperti halnya dengan Yupiter dan Saturnus, planet ini pun merupakan planet raksasa yang sebagian besar massanya berupa gas.Planet Uranus merupakan satu di antara planet dalam keluarga Matahari yang memiliki keunikan tersendiri. Planet tersebut memiliki cincin tipis dengan lebar sekitar 1 meter, bidang ekuatornya hampir tegak lurus terhadap garis edar planet mengelilingi Matahari (ekliptika).

Berbeda dengan planet lainnya, sumbu rotasi pada Planet Uranus searah dengan arah datangnya sinar matahari sehingga kutubnya seringkali menghadap ke arah matahari. Sebagaimana kita ketahui bahwa semua planet berotasi dari barat ke timur, kecuali Venus (dari timur ke barat).


Sumber pustaka: Geografi 1 Jelajah Bumi dan Alam Semesta : untuk Kelas X Sekolah Menengah Atas /Madrasah Aliyah / penulis, Hartono; editor, Toni Kurniawan. -- Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2009.

Baca juga ini:



Posted By delsy jamal on | 3:56:00 PM


0 komentar:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...