Home » » Planet Venus, Selalu Bercahaya Terang

Planet Venus, Selalu Bercahaya Terang

Planet Venus, Selalu Bercahaya Terang ~ Planet venus selalu tampak bercahaya terang. Planet ini paling dekat dengan Bumi. Ukuran planet ini hampir sama dengan bumi. Venus kadang-kadang terlihat di sebelah timur sebelum matahari terbit sehingga sering disebut Bintang Timur atau Bintang Pagi. Orang-orang di bumi seringkali menyebutnya sebagai bintang pagi atau timur ketika Venus berada pada posisi elongasi barat, dan bintang senja pada waktu elongasi timur.

Planet Venus, Selalu Bercahaya Terang
Planet Venus (Gambar : Google), 
Venus merupakan planet yang letaknya paling dekat ke bumi, yaitu sekitar 42 juta km. Oleh karena itu, planet ini dapat terlihat jelas dari bumi sebagai noktah kecil sangat terang dan berkilauan menyerupai
bintang pada pagi atau senja hari. Kadang-kadang venus juga terlihat di sebelah barat sebelum matahari terbenam, sehingga dinamakan Bintang senja, Bintang Barat, atau Bintang Malam. Ada lagi yang menyebutnya Bintang Kejora. Jarak rata-rata antara Venus dan matahari adalah 108,2 juta km.

Selain karena letaknya paling dekat ke bumi, kecemerlangan Venus disebabkan oleh adanya atmosfer berupa awan putih yang menye lubungi planet. Atmosfer tersebut berfungsi memantulkan cahaya matahari yang diterimanya. Diameter Venus kira-kira 12.100 km, sekali beredar mengelilingi Matahari, venus memerlukan waktu 224,7 (dibulatkan menjadi 225) hari di bumi. Sementara itukala rotasi planet venus adalah 243 hari.

Di sini terlihat bahwa planet ini lebih cepat mengitari Matahari dari pada berputar pada porosnya. Hal aneh ini ialah arah rotasinya yang berlawanan dengan arah rotasi planet-planet lain, yaitu dari timur ke barat. Planet venus memiliki massa 492x1022 kg, sedangkan massa jenis Venus adalah 5200 kg/m3.

Gravitasi Venus adalah 8,918 m/s2. Planet Venus tidak memiliki satelit. Karena planet ini lumayan dekat dengan matahari sehingga pada siang hari suhunya mencapai 477° C, sedangkan pada malam hari suhunya tetap tinggi karena panas yang diterimanya tertahan atmosfer planet tersebut.


Sumber pustaka: Geografi 1 Jelajah Bumi dan Alam Semesta : untuk Kelas X Sekolah Menengah Atas /Madrasah Aliyah / penulis, Hartono; editor, Toni Kurniawan. -- Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2009.

Baca juga ini:



Posted By delsy jamal on | 3:47:00 PM


0 komentar:

Post a Comment

Klik disini