klik disini
Home » » Planet Yupiter, Terbesar Dalam Tata Surya

Planet Yupiter, Terbesar Dalam Tata Surya


Planet Yupiter, Terbesar Dalam Tata Surya ~ Yupiter adalah planet kelima terdekat ke matahari. Menurut orang Romawi kuno Yupiter adalah raja langit. Nama tersebut memang cocok karena Yupiter merupakan planet terbesar dalam tata surya. Massa Yupiter adalah 1.908x1024 kg, sedangkan massa jenis Yupiter adalah 1,33 g/cm3. Diameter planet ini 142,984 km atau sekitar 11 kali diameter Bumi. Jarak planet Yupiter ke matahari adalah 778 juta km.

Planet Yupiter, Terbesar Dalam Tata Surya
Planet Yupiter (Gambar : Google), 
Gravitasi planet Yupiter adalah 24,794 m/s2 . Kala rotasi Yupiter adalah 9,8 jam sedangkan kala revolusi terhadap matahari adalah 11,9 tahun. Planet Yupiter memiliki 16 satelit, yaitu Metis, Adrastea, Amalthea, Thebe, Lo, Europa, Ganymede, Callisto, Himalia, Lysithea, Elara, Ananke, Carme, Pasiphae, Sinope.

Hal yang cukup menarik dari keberadaan planet Yupiter adalah adanya bercak merah di sekitar ekuator planet ini, yang berdasarkan perhitungan para ahli astronomi memiliki ukuran sekitar 50.000 kilometer. Lokasi bercak ini senantiasa berubah-ubah.

Berdasarkan hasil pengamatan, ternyata bercak tersebut merupakan badai topan yang sangat hebat di atas atmosfer Yupiter dengan kecepatan putaran sangat tinggi.


Baca juga postingan lainnya yang berkaitan dengan "tata surya" berikut ini :



Posted By delsy jamal on | 3:54:00 PM


0 komentar:

Post a Comment

Klik disini
Back to top