Sumber - Sumber Pendapatan Negara | simpleNEWS05



Sumber - Sumber Pendapatan Negara
Sumber - Sumber Pendapatan Negara ~ Penerimaan negara terdiri atas dua sumber. Pertama penerimaan dalam negeri, yaitu penerimaan yang sumbernya berasal dari kemampuan dalam negeri, sedangkan yang kedua penerimaan pembangunan yang sumbernya berasal dari bantuan luar negeri (pinjaman luar negeri). Sumber penerimaan dalam negeri terdiri atas dua sumber, yaitu berasal dari penjualan ekspor minyak bumi dan gas alam, hasil penerimaan pajak yang terdiri atas PPh, PPN, dan PBB.

Hasil penerimaan non pajak bisa berasal dari laba bersih minyak, laba bukan hasil denda, hasil sita, dan pemungutan pemungutan pemerintah lainnya. Penerimaan pembangunan adalah penerimaan yang sumbernya berasal dari bantuan luar negeri, yang terdiri atas :


  • Bantuan program, biasanya bantuan luar negeri yang langsung berupa uang dollar atau rupiah atau berupa barang, dan
  • Bantuan proyek, bantuan yang berupa satu unit proyek, seperti proyek pembangunan Dam Jatigede di Sumedang, Jawa Barat, (sumber pustaka : buku pelajaran ekonomi)
Pada sumber pustaka lainnya dikemukakan pula penjelasan tentang sumber-sumber pendapatan negara, yaitu Di Indonesia penerimaan negara, dapat dibedakan atas dua sumber, yaitu sebagai berikut.
  • Penerimaan dalam negeri. Penerimaan ini terdiri atas pene rimaan minyak dan gas bumi (migas) dan penerimaan di luar migas.
  • Penerimaan pembangunan. Penerimaan ini terdiri atas, ban tuan program dan bantuan proyek.
Penerimaan dalam negeri memegang peranan yang penting dalam membiayai kegiatan pembangunan. Dengan meningkatkan kegiatan pembangunan tersebut, maka penerimaan dalam negeri pun terus diusahakan agar meningkat.

Dalam perkembangannya, keter gantungan penerimaan dalam negeri pada sektor migas harus dikurangi. Dengan demikian, penerimaan dalam negeri dari sektor di luar migas, dalam hal ini penerimaan pajak, dan bukan pajak, perlu ditingkatkan.

Dana luar negeri masih tetap dimanfaatkan terutama untuk melengkapi sumber pembiayaan dalam negeri. Walaupun demi kian, jumlah serta persyaratannya (antara lain tidak adanya ikatan politis) harus dipertimbangkan.


Sumber pustaka : Membuka Cakrawala Ekonomi 2 : Untuk Kelas XI Sekolah Menengah Atas/Mandrasah Aliyah Program Ilmu Pengetahuan Sosial / penulis,Imamul Arifin, Giana Hadi Wagiana ; penyunting, Ayatullah Khomaeni, Akhbar Wahidin, Bambang Supratman. -- Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2009.

Baca juga:

Materi Lainnya:

0 Response to "Sumber - Sumber Pendapatan Negara | simpleNEWS05"

Post a Comment