Pengertian dan Defenisi Pertumbuhan Ekonomi



Pengertian dan Defenisi Pertumbuhan Ekonomi
Pengertian dan Defenisi Pertumbuhan Ekonomi ~ Pertumbuhan ekonomi didefinisikan sebagai kenaikan PDB,tanpa memandang apakah kenaikan itu lebih besar atau lebih kecil dari tingkat pertumbuhan penduduk.

Jadi, Pertumbuhan ekonomi dapat diartikan sebagai berikut. Kenaikan PDB, tanpa memandang apakah kenaikan itu lebih besar atau lebih kecil dari tingkat pertambahan penduduknya. dan perubahan menaik pada tingkat kegiatan ekonomi yang berlaku dari tahun ke tahu. misalnya, terjadi penambahan jumlah pasar, prasarana transportasi, waduk, dan saluran irigasi.

Pertumbuhan ekonomi dalam bahasa Inggris diistilahkan dengan economic growth mengandung pengertian proses kenaikan output per kapita dalam jangka panjang atau perubahan tingkat kegiatan ekonomi yang terjadi dari tahun ke tahun. Untuk mengetahui tingkat pertumbuhan dapat dihitung dengan rumus :

Keterangan :
tahun t = tahun yang dihitung pertumbuhannya
Dalam hal ini, GNP adalah pertumbuhan dan GNP t-1 adalah GNP sebelum berubah.

Contoh menghitung pertumbuhan ekonomi tahun 1997,

Sekarang jelaslah bahwa pertumbuhan ekonomi itu adalah : suatu proses bukan suatu gambaran ekonomi sesaat, yaitu melihat bagaimana suatu perekonomian berkembang atau berubah dari waktu ke waktu. berkaitan dengan kenaikan output per kapita, yaitu sisi output total (GDP) dan sisi jumlah penduduk. dan perspektif waktu jangka panjang, yang diperkirakan 10, 20, 50 bahkan lebih dari itu.

Baca juga ini:

Materi Lainnya:

0 Response to "Pengertian dan Defenisi Pertumbuhan Ekonomi"

Post a Comment