Ciri-Ciri Sistem Ekonomi Pasar Bebas atau Liberal



Ciri-Ciri Sistem Ekonomi Pasar Bebas atau Liberal

Sistem ekonomi pasar bebas atau liberal, adalah sistem ekonomi yang menghendaki pengelolaan dan pemanfaatan sumber-sumber daya di dalam perekonomian yang dilakuka oleh individu atau peseorangan, bebas dari capur tangan pemerintah.


Seluruh sumber daya yang tersedia dimiliki dan dikuasai oleh anggota-anggota masyarakat, dan mereka mempunyai kebebasan penuh untuk menentukan bagaimana sumber-sumber daya tersebut akan digunakan.

Mereka bebas menentukan jenispekerjaan yang ingin mereka kembangkan, dan jenis-jenis barang yang akan mereka beli dari pendapatan yang diperoleh. Adapun ciri-ciri sistem ekonomi pasar bebas adalah sebagai berikut.

  1. Semua alat dan sumber produksi berada ditangan perseorangan, masyarakat atau perusahaan-perusahaan. Dalam hal ini masyarakat secara individu maupun kelompok diberi kebebasan untuk mengatur dan memilikinya.
  2. Adanya pembagian kelas dalam masyarakat, yaitu : kelas pemilik dan kelas pekerja.
  3. Adanya persaingan antar pengusaha. Karena setiap orang diberi kebebasan memiliki dan berusaha maka persaingan antar pengusaha tidak dapat dihindari. Masing-masing bertujuan mencari laba sebesar-besarnya.

Materi Lainnya:

0 Response to "Ciri-Ciri Sistem Ekonomi Pasar Bebas atau Liberal"

Post a Comment