Home » » Alat Kelengkapan Organisasi Dari Perseroan Terbatas atau PT (Naamloze Vennootschap)

Alat Kelengkapan Organisasi Dari Perseroan Terbatas atau PT (Naamloze Vennootschap)

Posted By Muhammad Malik on | 2:10:00 PM



Alat Kelengkapan Organisasi Dari Perseroan Terbatas atau PT (Naamloze Vennootschap) ~ Dalam bahasa Belanda, Perseroan Terbatas disebut Naamloze Vennootschap. Perseroan terbatas berasal dari kata perseroan yang menggambarkan cara perolehan modal, dan kata terbatas yang menunjukkan terbatasnya tanggung jawab para sekutu atau pesero dalam menanggung utang dan kerugian.

Dengan demikian, PT bisa diartikan sebagai badan usaha yang modalnya terbagi atas saham-saham (sero-sero) di mana tanggung jawab pesero (pemegang saham) terbatas pada jumlah saham yang dimiliki. Sebagai badan usaha, PT mempunyai alat kelengkapan organisasi yang terdiri dari:
  • Rapat Umum Pemegang Saham, yang merupakan pemegang kekuasaan tertinggi dalam PT. Melalui RUPS, para pemegang saham (pesero) mengangkat direksi dan komisaris, menyetujui atau menolak perluasan usaha, menyetujui atau menolak penambahan saham dan lain-lain.
  • Direksi atau pengurus PT, yang memiliki wewenang menjalankan perusahaan sesuai tujuan. Direksi berhak menentukan besarnya dividen dan hal-hal lain sesuai wewenangnya. Direksi wajib mempertanggungjawabkan keadaan dan hasil perusahaan kepada RUPS.

  • Komisaris PT yang bertugas mengawasi Direksi. Dalam mengawasi direksi, komisaris berhak memberikan petunjuk, teguran bahkan memberhentikan direksi untuk sementara, sambil menunggu waktu pelaksanaan RUPS selanjutnya. Pada umumnya, komisaris dipilih dari para pemegang saham yang memiliki saham dalam jumlah besar dengan harapan mereka lebih sungguh-sungguh mengawasi direksi.
Daftar pustaka : Ekonomi 3 : Untuk Kelas XII SMA dan MA / penulis,Chumidatus Sa’dyah, Dadang Argo P. -- Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2009.

Baca juga ini:

Bagikan ke Temanmu

0 komentar:

Post a Comment