Home » » Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kebutuhan

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kebutuhan

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kebutuhan ~ Setiap manusia mempunyai bermacam-macam kebutuhan, dan antara individu satu dengan lainnya berbeda-beda. Perbedaan dan munculnya macam-macam kebutuhan ini dipengaruhi oleh beberapa faktor. Berikut ini faktor-faktor yang memengaruhi kebutuhan.

1. Perbedaan Keadaan Wilayah
Keadaan wilayah berkaitan dengan kondisi alam di berbagai daerah. Perbedaan kondisi alam di berbagai daerah menyebabkan perbedaan kebutuhan. Manusia akan membutuhkan barang dan jasa sesuai dengan kondisi wilayah di mana ia berada (bertempat tinggal).


Sebagai contoh kebutuhan orang yang tinggal di daerah kutub berbeda dengan orang yang tinggal di daerah tropis. Orang yang tinggal di daerah kutub memerlukan pakaian yang tebal untuk menghangatkan tubuh dari terpaan hawa dingin, sedangkan orang yang tinggal di daerah tropis memerlukan pakaian yang menyerap keringat dan berbahan tipis. Hal ini mengingat keadaan alam tropis yang cenderung panas sehingga tubuh mudah berkeringat.

Dari gambaran di atas tampak jelas bahwa keadaan alam mempengaruhi jenis barang yang dibutuhkan manusia. Hal ini bertujuan agar manusia tetap dapat mempertahankan rasa nyaman tinggal di lingkungan tempat tinggalnya.

2. Tingkat Peradaban
Kebutuhan manusia akan semakin beragam, jika peradabannya semakin tinggi. Perkembangan peradaban akan membawa pengaruh pada kebutuhan hidup manusia. Pada zaman purba manusia belum membutuhkan televisi, saat itu yang dibutuhkan hanya kebutuhan primer, yaitu terkait kebutuhan makan, pakaian dan tempat tinggal.

Sebagai contoh untuk pemenuhan kebutuhan makanan dan pakaian, dapat diperolehnya dari hutan. Karena saat itu makanan dan pakaian yang diperlukan masih sederhana. Namun seiring perkembangan peradaban, berkembang juga kebutuhan manusia. Saat ini jika tidak ada televisi serasa masih ada yang kurang. Bukan hanya televisi, sederet kebutuhan lain seperti telepon seluler, internet sudah mendesak untuk dipenuhi. Hal ini untuk memudahkan manusia dalam beraktifitas dan berkomunikasi.

Ilustrasi Kebutuhan (Needs) [image by m.okezone.com], 
3. Agama dan Kepercayaan
Keberadaan agama yang bemacam-macam dan kepercayaan yang berbeda mengakibatkan perbedaan kebutuhan pula. Penganut agama Islam di larang makan daging babi. Sedangkan penganut Hindu dilarang makan daging sapi. Terkait perlengkapan ibadah, masing-masing agama memiliki alat tertentu untuk perlengkapan ibadahnya.

Adanya perayaan keagamaan meningkatkan permintaan terhadap barang tertentu. Ketika Natal tiba permintaan pohon natal meningkat, saat Tahun Baru Imlek tiba permintaan kue keranjang melonjak, demikian pula saat lebaran permintaan ketupat dan daging meningkat.

4. Adat Istiadat
Perbedaan kebutuhan juga dipengaruhi oleh adat istiadat daerah yang bersangkutan. Acara-acara ritual di berbagai daerah juga membutuhkan barang-barang kebutuhan khusus. Misalnya di Indonesia terdapat bermacam tata upacara perkawinan, di daerah tertentu ada yang mensyaratkan kembang, gamelan, tari-tarian, hiasan janur sebagai kelengkapan tradisi. Mungkin di daerah lain berbeda untuk jenis barang dan jasa kebutuhan dalam upacara perkawinan.


Sumber pustaka:
  • Ekonomi : Untuk SMA/MA Kelas X / Oleh Mintasih Indriayu — Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2009.
  • Ekonomi 1 : Untuk SMA dan MA Kelas X/ Disusun Oleh Supriyanto, Ali Muhson; editor, Taupik Mulyadi. -- Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2009.



Posted By Muhammad Malik on | 9:37:00 AM


0 komentar:

Post a Comment

Klik disini
Back to top