Home » » Pengertian Benda Ekonomi, Benda Bebas, dan Benda Illith

Pengertian Benda Ekonomi, Benda Bebas, dan Benda Illith


Pengertian Benda Ekonomi, Benda Bebas, dan Benda Illith ~ Untuk memenuhi kebutuhannya, manusia memerlukan barang atau benda dan jasa. Terdapat beberapa macam benda yang dijadikan sebagai pemuas kebutuhan, barang-barang tersebut dapat dibedakan menjadi barang atau benda ekonomi, barang atau benda bebas, dan barang atau benda illith. Berikut penjelasa dari ke tiga benda pemuas kebutuhan tersebut.


Benda ekonomi adalah benda pemuas kebutuhan yang jumlahnya lebih sedikit dibandingkan dengan jumlah kebutuhan manusia dan untuk mendapatkannya memerlukan pengorbanan tertentu. Pengorbanan ini biasanya dalam bentuk uang.

Misalnya untuk mendapatkan sepatu baru, tidak bisa mengambilnya begitu saja dari toko sepatu. Perlu sejumlah uang untuk membelinya. Contoh lainnya ialah untuk memperoleh baju, kita harus membelinya di toko baju. Kesediaan mengeluarkan uang untuk membeli baju di toko merupakan suatu pengorbanan.

Benda bebas atau benda nonekonomi adalah benda pemuas kebutuhan yang jumlahnya melimpah sehingga untuk mendapatkannya tidak memerlukan pengorbanan tertentu, dan cara mendapatkannya bisa mengambil secara bebas, tidak perlu pengorbanan tertentu. Hal ini dapat terjadi mengingat barang tersebut tersedia dalam jumlah yang banyak di alam. Contohnya pasir di padang pasir, udara untuk
bernafas pada umumnya, es di daerah kutub, air laut, dan sebagainya.

Benda illith adalah benda pemuas kebutuhan yang jumlahnya sangat berlimpah, sehingga cenderung merugikan kehidupan manusia. Contohnya, air. Air dapat menjadi benda ekonomi dan benda bebas, serta juga dapat menjadi benda illith. Dikatakan menjadi benda illith apabila jumlahnya sangat banyak dan akan menyebabkan banjir sehingga dapat membahayakan hidup manusia.  Selanjutnya... 


Sumber pustaka : Ekonomi : Untuk SMA/MA Kelas X / Oleh Mintasih Indriayu — Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2009.

Baca juga ini:



Posted By Muhammad Malik on | 9:36:00 AM


0 komentar:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...