klik disini
Home » » Pengertian Benda Konsumsi dan Benda Produksi

Pengertian Benda Konsumsi dan Benda Produksi


Pengertian Benda Konsumsi dan Benda Produksi ~Untuk dapat bertahan hidup, manusia harus memenuhi segala macam kebutuhannya. Kebutuhan manusia ini dapat berupa barang dan jasa. Barang atau benda adalah sesuatu yang berwujud (tangible), seperti makanan, minuman, pakaian, dan perumahan. Adapun jasa adalah sesuatu yang tidak berwujud (intangible), seperti pendidikan, kesehatan, hiburan, dan rekreasi.

Terdapat dua jenis barang yang termasuk ke dalam benda pemuas kebutuhan yaitu benda konsumsi dan benda produksi, kedua benda tersebut merupakan benda pemuas kebutuhan menurut kegunaannya. Apa itu benda konsumsi dan benda produksi? berikut ini penjelasan dari kedua benda tersebut.


Benda konsumsi adalah benda siap pakai yang langsung dapat digunakan tanpa melalui proses pengolahan lagi. Dengan kata lain, benda yang langsung dapat digunakan untuk memuaskan (memenuhi) kebutuhan baik yang tahan lama maupun  yang tidak tahan lama. Contohnya, sepeda motor, sepatu, minuman, minyak tanah, dan lain-lain.

Benda produksi adalah benda yang secara tidak langsung digunakan dalam proses produksi untuk menghasilkan benda lain (baru) untuk memenuhi kebutuhan manusi. Contohnya, mesin, bahan baku, truk, alat-alat kantor, dan lain-lain.

Benda pemuas kebutuhan dapat dianggap benda konsumsi atau benda produksi tergantung pada siapa yang menggunakannya. Misalnya, mesin jahit bagi perusahaan konveksi merupakan benda produksi karena digunakan untuk menghasilkan produk baju, namun mesin jahit akan menjadi benda konsumsi jika digunakan oleh ibu rumah tangga.  Selanjutnya... 


Sumber pustaka : Ekonomi : Untuk SMA/MA Kelas X / Oleh Mintasih Indriayu — Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2009.

Baca juga postingan lainnya yang berhubungan dengan "kebutuhan (needs)" berikut ini :



Posted By Muhammad Malik on | 9:36:00 AM


0 komentar:

Post a Comment

Klik disini
Back to top