Home » » Sumber-Sumber Ekonomi (Alat Pemuas Kebutuhan)

Sumber-Sumber Ekonomi (Alat Pemuas Kebutuhan)


Sumber-Sumber Ekonomi (Alat Pemuas Kebutuhan) ~ Macam-macam kebutuhan manusia dapat dipenuhi dengan sumbersumber ekonomi, baik berupa barang dan jasa yang digunakan sebagai alat pemuas kebutuhan. Meskipun barang dan jasa sama-sama sebagai alat pemuas kebutuhan, tetapi keduanya merupakan sesuatu yang berbeda. Barang adalah benda yang berwujud, dapat diraba, dirasakan, dan dapat dilihat oleh alat indra kita.


Sementara jasa adalah sesuatu yang tidak berwujud, tidak dapat diraba, dan dilihat, tetapi manfaatnya dapat dirasakan. Contoh barang yang digunakan sebagai alat pemuas kebutuhan antara lain nasi, teh, roti, kursi, meja, televisi, kulkas, sepeda motor, mobil, dan lain-lain. Berikut ini macam-macam benda pemuas kebutuhan.
  1. Benda Pemuas Kebutuhan Menurut Kelangkaannya
  2. Menurut kelangkaannya (cara mendapatkannya), benda pemuas kebutuhan dibedakan menjadi tiga macam, yaitu benda ekonomi, benda bebas, dan benda illith.

  3. Benda Menurut Tujuan Penggunaannya
  4. Menurut tujuan penggunaannya, benda pemuas kebutuhan dibedakan menjadi dua macam, yaitu benda konsumsi dan benda produksi.

    Ilustrasi Kebutuhan (Needs) [image by m.okezone.com], 
  5. Benda Menurut Proses Pembuatannya
  6. Benda menurut proses pembuatannya dibedakan menjadi tiga macam, yaitu bahan mentah, bahan setengah jadi, dan bahan jadi.

  7. Benda Menurut Hubungannya dengan Benda Lain
  8. Menurut hubungannya dengan benda lain, benda pemuas kebutuhan dibedakan menjadi dua macam, yaitu benda komplementer dan benda substitusi.

  9. Benda Menurut Segi Jaminannya
  10. Menurut segi jaminannya, benda pemuas kebutuhan dibedakan menjadi dua macam, yaitu benda bergerak dan benda tidak bergerak.


Sumber pustaka : Ekonomi : Untuk SMA/MA Kelas X / Oleh Mintasih Indriayu — Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2009.

Baca juga postingan lainnya yang berhubungan dengan "kebutuhan (needs)" berikut ini :

Terima kasih telah membaca postingan diblog ini, like dan share ke teman-teman yang lain jika postingan ini bermanfaat dengan cara mengklik tombol share Twitter, Google plus, dan Facebook dibawah ini:



Posted By Muhammad Malik on | 9:36:00 AM


1 komentar:

  1. ok thx artikelnya terus berbagi terus kembangkan pemikiran anda

    ReplyDelete

Back to top