Home » » Penginapan Murah di Raja Ampat

Penginapan Murah di Raja Ampat

Posted By Muhammad Malik on | 5:21:00 PM



Penginapan Murah di Raja Ampat ~ Salah satu objek wisata alam Indonesia yang telah terkenal hingga mancanegara yaitu Kepulauan Raja Ampat. Objek wisata andalan Provinsi Papua Barat ini selain menyuguhkan panorama alam berupa gugusan pulau-pulau karang yang seakan-akan muncul dari dalam laut sehingga menghasilkan panorama alam yang sangat indah dipandang mata. Di Raja Ampat ini juga menyuguhkan panorama alam dasar laut.

Pemandangan Dasar laut inilah yang membuat banyak wisatawan-wisatawan mancanegara khususnya yang hobi menyelam datang ke Raja Ampat. Terumbu karang yang ada di Raja Ampat merupakan salah satu yang paling bagus di dunia dan konon hampir 50% terumbu karang dunia ada di Raja Ampat, maka dari itu Kepulauan Raja Ampat sangat tersohor di kalangan penyelam dan para peneliti biota laut dunia.

Raja Ampat [Image by biznstyle.com] 
Jika anda tertarik untuk mengunjungi kepulauan Raja Ampat, sebaiknya anda mengetahui dulu mengenai penginapan-penginapan atau tempat yang akan anda tinggali selama anda berada disana. Berikut ini beberapa penginapan-penginapan beserta harga sewa menginapnya yang terdapat di Kepulauan Raja Ampat diolah dari berbagai sumber (detikTravel dan travel.kompas).

1. Waiwo Dive Resort, Waisai
Waiwo Dive Resort, Waisai [Image by waiwodiverajaampat.com], 
Waiwo Dive Resort berlokasi di pusat ibukota Kabupaten Raja Ampat, Waisai, yang terletak di salah satu pulau terbesar, Pulau Waigeo. Jika anda memulai perjalanan dengan menggunakan Dari Pelabuhan Rakyat atau Pelabuhan Pariwisata Waisai, anda akan menghabiskan waktu sekitar 30 menit untuk mencapai Waiwo Dive Resort.

Penginapan Waiwo Dive Resort berkonsep "lebih dekat dengan alam" itu terdiri dari 12 cottage yang bernuansa etnik Papua. Setiap cottage diisi dua hingga tiga tempat tidur dan satu kamar mandi, ada pula yang satu cottagenya dapat diisi 3-4 orang. Dinding dan lantainya yang terbuat dari kayu menciptakan suasana menginap yang teduh dan damai. Fasilitas di dalam cottage ini adalah kasur, kipas angin, dan kamar mandi. Suasana hutan yang hijau, menjadi penyegar saat Anda duduk-duduk di depan cottage. Fasilitas lainnya dari resort ini yaitu terdapat restoran dan bar yang terpisah dari cottage dan letaknya tidak jauh dari bibir pantai.

Waiwo Dive Resort seolah memadukan suasana pantai dengan harmoni hutan. Cottage di sana dibangun di bawah teduhnya pepohonan namun juga dekat dengan bibir pantai. Pasir pantainya pun sangat putih dan lembut. Anda bisa berenang dan bersantai di pantainya sampai puas. Selain itu, Anda juga bisa memberi makan ikan di dermaga kecil di pinggir pantai. Tinggal bawa roti atau biskuti, lalu lemparkanlah ke air. Tak lama, ikan dengan aneka macam warna dan ukuran akan datang menghampiri.

Mengenai tarif menginap, pihak pengelola memasang harga berbeda untuk turis mancanegara dan turis nusantara. Untuk wisatawan asing, dikenakan tarif Rp 550.000 per orang per malam sedangkan turis nusantara Rp 450.000 per orang per malam. Sementara untuk anak-anak, lanjutnya, cukup membayar setengah harga, cukup murah bukan ?

Di sini juga bisa snorkeling, biayanya Rp 50 ribu per hari untuk menyewa alat-alatnya. Untuk paket diving juga bisa, 1-4 kali diving termasuk boat harganya Rp 550 ribu per orang.

2. Acrophora Cottage and Restaurant
Acrophora Cottage and Restaurant [Image by rajaampatindonesia.com], 
Penginapan Acrophora Cottage and Restaurant terletak di Ibukota Raja Ampat, Waisai, di Pulau Waigeo. Penginapan yang dibangun pemerintah itu letaknya tidak jauh dari Pantai Waisai Tercinta atau Pantai WTC. Sesuai dengan namanya, Acrophora Cottage and Restaurant terdriri dari sejumlah bungalow yang bernuansa etnis papua.

Acrophora Cottage and Restaurant terdiri dari penginapan yang berupa bungalow, setiap bungalow terbagi dalam empat ruangan, yakni dua kamar tidur, satu ruang tamu, dan satu kamar mandi. Setiap kamar tidur berisi satu hingga dua tempat tidur yang dilengkapi dengan pendingin ruangan. Kemudian ruang tamunya dilengkapi dua kursi, satu dispenser, satu televisi, mini bar, dan meja rias. Sementara kamar mandinya tidak dilengkapi dengan air panas namun tetap tersedia peralatan mandi seperti handuk, sabun, sikat gigi, dan shampoo.

Harga sewa kamar yang terdapat pada Acrophora Cottage and Restaurant bervariasi mulai dari Rp 480.000 hingga Rp 600.000 per bungalow per malam. Penginapan ini bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin lebih hemat wisata di Raja Ampat.

3. Homestay di Pulau Arborek
Homestay di Pulau Arborek [Image by travel.detik.com], 
Selain hotel dan cottage, homestay di perkampungan penduduk juga dapat menjadi pilihan Anda menginap. Ada lima desa wisata di Raja Ampat yang menyediakan homestay, di antaranya yaitu Desa Arborek. Anda bisa bermalam di homestay di Pulau Arborek. Pulau ini terletak sekitar 1 jam dari Pulau Waisai. Anda bisa menyewa boat untuk datang ke pulau ini.

Untuk mencapai dua desa wisata tersebut, Anda dapat menyewa kapal cepat dari Ibukota Raja Ampat, Waisai. Untuk biaya kapal cepat berkapasitas 20 orang ke Arborek mencapai Rp 5-6 juta sedangkan ke Sawinggrai sekitar Rp 3 juta.

Tarif yang diberikan oleh homestay di Desa Arborek cukup terjangkau, yaitu Rp 350.000 per orang per malam sudah termasuk makan, snorkeling, dan menjelajahi desa tersebut. Arborek juga terkenal sebagai pengrajin topi. Anda dapat membeli topi-topi khas Arborek, yang ukurannya besar dan bentuknya seperti ikan manta. Harganya sekitar Rp 250-400 ribu.

4. Homestay di Pulau Sawing Rai
Homestay di Pulau Sawing Rai [Image by lokasi-wisata-indonesia.blogspot.com], 
Satu lagi homestay dengan biaya murah di Raja Ampat, yaitu di Pulau Sawing Rai. Berbeda dengan homestay di Arborek yang terletak di pinggir pantai, homestay di Sawing Rai terletak di atas air laut di tepian pantai. Anda pun bisa melihat air laut yang biru jernih dengan ikan-ikan yang berenang dari bawah kamar.

Salah satu kegiatan yang dapat Anda lakukan di dekat kamar Anda adalah fish feeding atau memberi makan ikan. Untuk kegiatan diluar selain diving dan snorkeling, Anda juga bisa bird watching atau kegiatan melihat burung cendrawasih dari dekat. Tak perlu teropong, karena burung cendrawasih hanya berjarak dua meter di atas Anda.

Homestay di Sawing Rai tarif atau biayanya berkisar Rp 500 ribu per orang per malam. Di Homestay ini terdapat 5 homestay atau tempat tinggal di sini.

5. Raja Ampat Dive Lodge (RADL)
Raja Ampat Dive Lodge (RADL) [Image by rajaampat-liveaboard.com], 
Raja Ampat Dive Lodge atau yang biasa disebut RADL terletak di Pulau Mansuar, Kepulauan Raja Ampat. Penginapan yang cukup ternama di Raja Ampat ini menyajikan nuansa etnik Bali di tengah suasana hutan tropis dan pantai pasir putih Raja Ampat. Memasuki RADL dimulai dari dermaga kecil yang dihubungkan dengan jembatan kayu panjang menuju pintu masuk penginapan.

Dari dermaga Anda dapat menikmati pemandangan pulau yang tertutup hutan tropis hijau berpadu dengan birunya air laut yang jernih. Sepanjang perjalanan dari dermaga menuju pintu masuk penginapan, Anda akan dimanjakan dengan pemandangan bawah laut Raja Ampat. Koral dan ikan beraneka warna tampak dari atas permukaan laut. Pasir pantai yang mengelilingi RADL juga aman untuk bermain anak-anak.
Penginapan yang didominasi turis Amerika itu memiliki 27 ruangan yang terdiri dari 20 bungalow, dan 7 ruangan standar. Untuk bungalow, tarifnya terbagi tiga, yakni single 165 dollar AS per malam, double 230 dollar AS per maLam, dan triple 315 dollar AS per malam. Sementara untuk standar room, dikenakan tarif 190 dollar AS per malam dengan double bad, sementara single 125 dollar AS per malam.

Setiap kamar yang terdapat di Raja Ampat Dive Lodge dilengkapi dengan fasilitas seperti pendingin ruangan, kipas angin, terisi queen bed atau twin bed dilengkapi dengan kelambu, kamar mandi (air panas, serta perlengkapan mandi seperti sabun, shampo, handuk, meja rias, washtafel, dan pengering rambut yang tersedia di setiap kamar).

Itu lah beberapa Hotel dan Penginapan yang terdapat di Kepulauan Raja Ampat, hotel dan penginapan tersebut ada yang bertarif mahal dan ada pula yang terjangkau dengan keuangan kita tinggal kita yang memilihnya. Sampai ketemu pada ulasan-ulasan selanjutnya dan selamat berlibur.

Baca juga:

Bagikan ke Temanmu

0 komentar:

Post a Comment