Home » » Cara Mendirikan Badan Usaha

Cara Mendirikan Badan Usaha

Cara Mendirikan Badan Usaha ~ Badan usaha bisa diartikan sebagai suatu kesatuan yuridis dan ekonomis yang bertujuan mencari laba atau memberikan layanan kepada masyarakat. Disebut kesatuan yuridis, karena untuk mendirikan suatu badan usaha ada aspek-aspek hukum tertentu yang harus dipenuhi, seperti memiliki akta notaris dan surat izin usaha.

Disebut kesatuan ekonomis karena dalam mendirikan suatu badan usaha harus terdapat faktor-faktor produksi yang bisa dikombinasikan untuk mencapai tujuan.


Bentuk dari badan usaha itu ada beberapa macam atau bentuk, diantaranya yaitu PT (Perseroan Terbatas), Perseroan Komanditer (Commanditaire Vennootschap/CV), Persekutuan Firma (Vennootschap Onder Fen Firma), Badan Usaha Perseorangan, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan lain sebagainya.

Terus bagaimana cara untuk mendirikan sebuah badan usaha? Untuk mendirikan sebuah badan usaha, setidaknya ada beberapa cara atau langkah yang perlu kita miliki atau perhatikan. Berikut ini cara atau proses mendirikan badan usaha seperti yang dikutip dari stus anishsparadise.blogspot.com.

Untuk membangun atau membentuk sebuah badan usaha, kita harus memperhatikan beberapa hal, yaitu:
  1. modal yang di miliki
  2. dokumen perizinan
  3. para pemegang saham
  4. tujuan usaha
  5. jenis usaha
Salah satu yang paling penting dalam pembentukan sebuah badan usaha adalah perizinan usaha. Izin usaha merupakan bentuk persetujuan atau pemberian izin dari pihak yang berwenang atas penyelenggaraan kegiatan usaha.

Tujuannya untuk memberikan pembinaan, arahan, serta pengawasan sehingga usaha bisa tertib dan menciptakan pemerataan kesempatan berusaha/kerja dan demi terwujudnya keindahan, pembayaran pajak, menciptakan keseimbangan perekonomian dan perdagangan. Surat izin usaha yang diperlukan dalam pendirian usaha di antaranya:
  1. Surat Izin Tempat Usaha (SITU)
  2. Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)
  3. Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
  4. Nomor Register Perusahaan (NRP)
  5. Nomor Rekening Bank (NRB)
  6. Analisa Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL)
  7. Surat izin lainnya yang terkait dengan pendirian usaha, sepertii izin prinsip, izin penggunaan tanah, izin mendirikan bangunan (IMB), dan izin gangguan.

Itulah proses atau cara untuk mendirikan badan usaha, semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk ara pembaca sekalian yang sedang mencari info tentang cara mendirikan badan usaha. Jika ingin lebih jelas lagi mengenai Cara Mendirikan Badan Usaha, silahkan langsung saja menuju ke anishsparadise.blogspot.com.

Baca juga ini:



Posted By Muhammad Malik on | 10:19:00 PM


0 komentar:

Post a Comment

Klik disini