Home » » Macam-Macam Kebutuhan (Needs)

Macam-Macam Kebutuhan (Needs)

Posted By Muhammad Malik on | 9:39:00 PM



Macam-Macam Kebutuhan (Needs) ~ Seperti yang telah kita ketahui bahwa Kebutuhan (Needs) merupakan sesuatu yang harus dipenuhi, jika tidak dipenuhi aktivitas hidup manusia akan terganggu. Kebutuhan itu akan selalu ada selama manusia hidup. Selain itu, hal ini dikarenakan sifat manusia yang merasa tidak pernah puas, sehingga kebutuhannya tidak terbatas. Kebutuhan tersebut akan bertambah terus, baik macam, jumlah, dan mutunya.

Kebutuhan (Needs) dapat dibedakan menjadi berbagai golongan, dan dari golongan tersebut dibagi lagi menjadi bermacam-macam kebutuhan yang perlu untuk dipenuhi. Penggolongan berbagai macam kebutuhan adalah sebagai berikut:

Ilustrasi Kebutuhan (Needs) [image by m.okezone.com], 
1 . Kebutuhan Menurut Intensitas Kegunaannya
Macam-macam kebutuhan yang termasuk dalam golongan kebutuhan menurut intensitas kegunaannya dapat dibedakan menjadi tiga macam kebutuhan yaitu Kebutuhan Primer, Kebutuhan Sekunder dan Kebutuhan Tersier.

2. Kebutuhan Menurut Waktu Pemenuhannya
Kebutuhan menurut waktu pemenuhannya merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi atau diperlukan berdasarkan waktu dari kebutuhan tersebut terjadi atau ingin dipenuhi.

Kebutuhan-kebutuhan yang tergolong dalam kebutuhan menurut waktu pemenuhannya dapat dibedakan menjadi empat macam kebutuhan, yaitu Kebutuhan Sekarang, Kebutuhan akan Datang, Kebutuhan yang Tidak Terduga dan Kebutuhan Sepanjang Waktu.
3. Kebutuhan Menurut Sifatnya
Macam-macam kebutuhan yang termasuk dalam golongan kebutuhan menurut sifatnya dapat dibedakan menjadi dua macam kebutuhan, yaitu Kebutuhan Jasmani dan Kebutuhan Rohani.

4. Kebutuhan Menurut Subjek yang Membutuhkan
Kebutuhan menurut subjek yang membutuhkan merupakan kebutuhan yang dapat memenuhi kebutuhan pribadi dan dapat pula memenuhi kebutuhan orang banyak (kolektif). Kebutuhan-kebutuhan yang termasuk dalam golongan kebutuhan menurut subjek yang membutuhkannya dapat dibedakan menjadi dua macam kebutuhan, yaitu Kebutuhan Individu dan Kebutuhan Sosial.

Sumber pustaka : Ekonomi : Untuk SMA/MA Kelas X / Oleh Mintasih Indriayu — Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2009.

Baca juga ini:

Bagikan ke Temanmu

0 komentar:

Post a Comment