Empat Macam Sumber Daya Produktif



Empat Macam Sumber Daya Produktif

Barang dan jasa yang dibutuhkan masyarakat untuk memenuhi kebutuhannya disediakan oleh produsen. Agar dapat melakukan proses produksi dengan baik, produsen memerlukan sumber daya produktif. Sumber daya produktif disebut juga dengan istilah input atau faktor produksi.


Secara garis besar, ada empat macam sumber daya produktif (faktor produksi), yaitu sebagai berikut.
1. Sumber Daya Manusia

Dalam proses produksi, sumber daya manusia diwujudkan dalam bentuk jumlah orang yang bekerja dan waktu yang mereka gunakan untuk bekerja. Dalam sumber daya manusia terkandung kesehatan, kekuatan tenaga, tingkat pendidikan, keahlian, dan keterampilan yang dimiliki, serta motivasi mereka untuk bekerja.

2. Sumber Daya Alam

Sumber daya alam merupakan sumber daya yang dikaruniakan oleh Tuhan Yang Maha Esa dalam bentuk kekayaan alam, seperti tanah, air, kandungan mineral, kesuburan tanah, dan iklim. Sumber daya alam ada yang dapat diperbarui dan ada pula yang tidak dapat diperbarui.

3. Sumber Daya Modal

Sumber daya modal, antara lain berupa uang, peralatan, mesinmesin, bangunan, dan barang lain yang dibuat untuk memproduksi barang dan menunjang kegiatan jasa.

4. Sumber Daya Kewirausahaan

Sumber daya kewirausahaan mencerminkan kemampuan seseorang untuk mengelola dan menyatukan ketiga sumber daya di atas. Kemampuan kewirausahaan diperlukan untuk memimpin, mengorganisasi, dan menggerakkan faktor-faktor produksi untuk menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan manusia.

Sumber pustaka : IPS / Rogers Pakpahan…[et al.] ; editor, Arna Asna Annisa…[et al.].—Jakarta : Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Materi Lainnya:

0 Response to "Empat Macam Sumber Daya Produktif"

Post a Comment