Klasifikasi atau Jenis Kota Berdasarkan Karakteristik Pertumbuhannya



Klasifikasi atau Jenis Kota Berdasarkan Karakteristik Pertumbuhannya[Image by id.gofreedownload.net],

Kota dapat diartikan dalam arti sempit dan arti luas, Dalam arti sempit, kota adalah perwujudan geografis yang ditimbulkan oleh unsur-unsur fisiografis sosial, ekonomi, politik dan budaya yang terdapat diwilayah tersebut.


Sedangkan dalam arti luas, kota dapat juga diartikan sebagai sebuah benteng budaya yang ditimbulkan oleh unsur-unsur alami dan nonalami dengan gejala-gejala aglomerasi yang cukup besar dengan corak kehidupan yang bersifat heterogen dan materialistis dibandingkan dengan daerah belakangnya (hinterland).

Menurut Houston, berdasarkan karakteristik pertumbuhannya, kota dapat diklasifikasikan menjadi tiga, yaitu sebagai berikut.

1. Stadium pembentukan inti kota (Nuclear phase)

Stadium ini merupakan tahap pembentukan CBD (Central Business District). Pada masa lalu ini baru dirintis pembangunan gedung-gedung utama sebagai penggerak kegiatan perekonomian.

2. Stadium formatif (Formative phase)

Tahap ini mulai menunjukkan ciri-ciri yang berbeda dengan tahap pertama pada awal abad 19. Hal ini timbul sebagai akibat adanya revolusi industri yang meledak dikawasan eropa barat. Perkembangan industri pada saat itu mulai meluas dan perkembangan teknologi juga masuk ke sektor-sektor lain seperti sektor transportasi, komunikasi, serta perdagangan.

3. Stadium modern (Modern phase)

Stadium ini mulai pada abad ke 20 sejalan dengan makin majunya teknik elektronika. Makin majunya teknologi transportasi dan komunikasi mengakibatkan seseorang tidak lagi berpandangan bahwa bertempat tinggal di dekat tempat kerja merupakan hal yang paling menguntungkan.

Sumber pustaka : Geografi 3 : Untuk SMA/MA Kelas XII / Oleh Danang Endarto ; penyunting, Titik Haryanti ; ilustrasi, Haryana Humardani, Cahyo Muryono. -- Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2009.

Materi Lainnya:

0 Response to "Klasifikasi atau Jenis Kota Berdasarkan Karakteristik Pertumbuhannya"

Post a Comment