Pengertian dan Jenis Indeks Harga Saham (IHS)



Pengertian dan Jenis Indeks Harga Saham (IHS) [Image by bisnis.liputan6.com],
Pengertian dan Jenis Indeks Harga Saham (IHS) ~ Aktivitas pasar modal saat ini tidak terlepas dari apa yang disebut dengan indeks harga saham. Pengertian indeks harga saham (IHSG) adalah suatu angka yang digunakan untuk membandingkan perubahan yang terjadi pada harga suatu saham.

Indeks harga saham menjadi indikator untuk menge tahui pergerakkan kegiatan ekonomi, baik sedang mengalami kenaikkan atau penurunan. Banyak orang akan melihat pergerakan itu dari sisi indeks yang dicapai pada saat itu juga.


Namun, indeks harga saham masih kurang akurat jika digunakan untuk mengukur kenaikan atau penurunan kegiatan ekonomi. Untuk itu, diperlukan adanya indikator-indikator lain yang mendukung dan saling melengkapi agar dapat menunjukkan pertumbuhan atau penurunan ekonomi yang sebenarnya.

Indeks harga secara sederhana adalah suatu angka yang digunakan untuk membandingkan antara suatu peristiwa dan peristiwa lainnya atau merupakan suatu angka yang dibuat sedemikian rupa sehingga dapat dipergunakan untuk melakukan perban dingan antara kegiatan yang sama dalam dua waktu yang berbeda seperti produksi, ekspor, hasil penjualan, dan jumlah uang beredar.

Indeks harga saham, dapat dibedakan menjadi dua, yaitu indeks harga saham individual dan indeks harga saham gabungan. Berikut ini penjelasan dari kedua jenis indeks harga saham tersebut.
  • Indeks Harga Saham Individual (IHSI) menunjukkan perubahan dari suatu harga saham suatu perusahaan. Indeks ini tidak dapat mengukur harga dari suatu saham perusahaan tertentu apakah mengalami perubahan, kenaikan, atau penurunan.
  • Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menunjukkan per gerakan harga saham secara umum yang tercatat di bursa efek. Indeks inilah yang paling banyak digunakan dan dipakai sebagai acuan tentang perkembangan kegiatan di pasar modal.
Sumber pustaka : Membuka Cakrawala Ekonomi 2 : Untuk Kelas XI Sekolah Menengah Atas/Mandrasah Aliyah Program Ilmu Pengetahuan Sosial / penulis,Imamul Arifin, Giana Hadi Wagiana ; penyunting, Akhbar Wahidin, Bambang Supratman. -- Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2009.

Baca juga:

Materi Lainnya:

0 Response to "Pengertian dan Jenis Indeks Harga Saham (IHS)"

Post a Comment