Home » » Jenis Industri Berdasarkan Cara Pengorganisasiannya

Jenis Industri Berdasarkan Cara Pengorganisasiannya

Posted By Muhammad Malik on | 2:06:00 PM



Jenis Industri Berdasarkan Cara Pengorganisasiannya ~ Selain mempunyai modal yang cukup untuk melakukan sebuah kegiatan ekonomi, industri juga seharusnya mempunyai organisasi yang baik didalamnya. Pengorganisasian sebuah industri meliputi jumlah tenaga kerja yang mencukupi, tidak kurang dan tidak lebih serta mampu mengelola modal yang ada.

Cara pengorganisasian suatu industri dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti: modal, tenaga kerja, produk yang dihasilkan, dan pemasarannya. Berdasarkan cara pengorganisasianya, industri dapat dibedakan menjadi tiga yaitu industri kecil, industri mengengah, dan industri besar.

Industri menengah [image by www.itoday.co.id], 
Berikut ini akan dijelaskan ketiga jenis industri yang berdasarkan cara pengorganisasiannya.
  • Industri kecil, yaitu industri yang memiliki ciri-ciri: modal relatif kecil, teknologi sederhana, pekerjanya kurang dari 10 orang biasanya dari kalangan keluarga, produknya masih sederhana, dan lokasi pemasarannya masih terbatas (berskala lokal). Misalnya: industri kerajinan dan industri makanan ringan.
  • Industri menengah, yaitu industri yang memiliki ciri-ciri: modal relatif besar, teknologi cukup maju tetapi masih terbatas, pekerja antara 10- 200 orang, tenaga kerja tidak tetap, dan lokasi pemasarannya relatif lebih luas (berskala regional). Misalnya: industri bordir, industri sepatu, dan industri mainan anak-anak.
  • Industri besar, yaitu industri yang memiliki ciri-ciri: modal sangat besar, teknologi canggih dan modern, organisasi teratur, tenaga kerja dalam jumlah banyak dan terampil, pemasarannya berskala nasional atau internasional. Misalnya: industri barang-barang elektronik, industri otomotif, industri transportasi, dan industri persenjataan.
Sumber pustaka : Memahami Geografi 3 SMA/MA : Untuk Kelas XII, Semester 1 dan 2 Program Ilmu Pengetahuan Sosial / Oleh Bagja Waluya ; editor, Gurniwan Kamil Pasya ; illustrator, Tim Redaksi. — Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2009.

Baca juga:

Bagikan ke Temanmu

0 komentar:

Post a Comment