Home » » Jenis Industri Berdasarkan Subjek Pengelola

Jenis Industri Berdasarkan Subjek Pengelola

Jenis Industri Berdasarkan Subjek Pengelola ~ Selain kriteria-kriteria lainnya yang telah kita bahas sebelumnya dimana setiap kriteria membagi industri menjadi beberapa jenis, terdapat satu lagi kriteria lainnya yang mengklasifikasikan industri menjadi dua jenis, kriteria yang dimaskud adalah berdasarkan subjek pengelolanya.


Seperti yang telah kita ketahui bahwa industri merupakan semua kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh manusia dengan mengolah barang mentah atau bahan baku menjadi barang setengah jadi atau barang jadi yang digunakan oleh masyarakat.

Kegiatan yang terjadi di Industri tidak dapat berjalan sendiri jika tidak ada yang mengelolanya, pengelolaan disini diartikan sebagai yang memiliki sekaligus yang memodali industri tersebut sehingga dapat berjalan. Berdasarkan subjek pengelolaannya, industri dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu industri rakyat dan industri negara.

Industri rakyat [image by sku-aspirasirakyat.com], 
Berikut ini akan dijelaskan kedua jenis industri tersebut.
  1. Industri rakyat, yaitu industri yang dikelola dan merupakan milik rakyat, misalnya: industri meubeler, industri makanan ringan, dan industri kerajinan.

  2. Industri negara, yaitu industri yang dikelola dan merupakan milik negara yang dikenal dengan istilah BUMN, misalnya: industri kertas, industri pupuk, industri baja, industri pertambangan, industri perminyakan, dan industri transportasi.
Dari penjelasan tersebut dapat kita ketahui bahwa industri yang dikelola oleh rakyat atau industri rakyat mengelola industri yang berskala kecil atau menengah atau menghasilkan barang terbatas. Sedangkan industri yang dikelola oleh negara atau industri negara cenderung mengelola industri yang berskala besar, atau industri yang menghasilkan barang ataupun jasa yang dinikmati secara massal.


Sumber pustaka : Memahami Geografi 3 SMA/MA : Untuk Kelas XII, Semester 1 dan 2 Program Ilmu Pengetahuan Sosial / Oleh Bagja Waluya ; editor, Gurniwan Kamil Pasya ; illustrator, Tim Redaksi. — Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2009.

Baca juga postingan lainnya yang berkaitan dengan "industri" berikut ini :



Posted By Muhammad Malik on | 10:56:00 AM


0 komentar:

Post a Comment

Klik disini
Back to top