Pengertian Nglaju (Komuter) Penduduk



Pengertian Nglaju (Komuter) Penduduk [image by ml.scribd.com],

Migrasi merupakan perpindahan penduduk dari satu tempat atau wilayah satu ketempat atau wilayah yang lainnya, migrasi dapat dibedakan menjadi dua pola yaitu pola migrasi permanen dan pola migrasi nonpermanen. Nglaju atau komuter penduduk termasuk kedalam pola migrasi non permanen karena perpindahannya hanya dilakukan dalam satu hari.


Nglaju (bahasa Jawa) adalah perpindahan penduduk dari suatu tempat ke tempat lain dan kembali ke tempat asal pada hari yang sama. Oleh karena itu, nglaju disebut juga migrasi penduduk harian.Tujuan penduduk melakukan nglaju, antara lain untuk bekerja, sekolah, dan berdagang.

Alasan penduduk melakukan nglaju seperti banyak terjadi di kota-kota besar karena biaya hidup di kota mahal sehingga penduduk tinggal di luar kota dan untuk membangun rumah di kota sangat mahal, sedangkan di luar kota lebih murah. Oleh karena itu, setiap hari penduduk bergerak ke pusat kota pada pagi hari dan sore hari bergerak kembali ke luar pusat kota.

Sumber pustaka : IPS Untuk SMP/MTs kelas VIII/ Rogers Pakpahan, Losina Purnastuti, Aman, Ignatius Kingkin T. ; editor, Arna Asna Annisa, Ika Setyarini, Indah Mayasari P., Nur Fidiyati.—Jakarta : Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Materi Lainnya:

0 Response to "Pengertian Nglaju (Komuter) Penduduk"

Post a Comment