Pengertian Penawaran dan Macam-Macam Penawaran



Pengertian Penawaran dan Macam-Macam Penawaran [image by www.kaskus.co.id],
Pengertian Penawaran dan Macam-Macam Penawaran ~ Pasti diantara teman-teman pernah melihat seorang pembeli menawar harga sebuah barang yang akan dibelinya, atau kah teman-teman sendiri yang melakukan penawaran tersebut. Penawaran biasanya terjadi pada saat melakukan jual beli dan selalunya yang melakukan penawaran tersebut ialah konsumen. Dalam uraian kali ini akan dibahas mengenai pengertian penawaran serta apa saja macam-macam dari penawaran tersebut.

Dengan memahami konsep permintaan maka kita tidak akan kesulitan untuk memahami konsep penawaran, karena pembahasan konsep penawaran pada dasarnya hanya kebalikan dari konsep permintaan. Kalau permintaan merupakan kegiatan ekonomi yang dilihat dari sudut konsumennya, maka penawaran dilihat dari sudut produsen atau penjualnya.

Dalam ilmu ekonomi penawaran diartikan kesediaan penjual untuk menjual/menyerahkan berbagai jumlah barang pada berbagai tingkat harga dalam waktu tertentu dan keadaan tertentu. Waktu tertentu menunjukkan periode atau saat tertentu dan kondisi tertentu menunjukkan keadaan ceteris paribus.

Adapun penawaran dapat dibedakan dari jumlah penjualnya, macam-macam penawaran berdasarkan jumlah penjualnya dibedakan menjadi dua, yaitu:
  • Penawaran Individual/Pribadi
  • Penawaran individual adalah penawaran yang datang dari penjual/produsen perseorangan/individu.
  • Penawaran Pasar
  • Penawaran Pasar adalah penjumlahan secara horizontal (sematamata merupakan gabungan) dari penjual-penjual individual/pribadi yang ada di pasar tersebut.
Sumber pustaka : Ekonomi 1 : Untuk SMA dan MA Kelas X/ Disusun Oleh Supriyanto, Ali Muhson; editor, Taupik Mulyadi. -- Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2009.

Materi Lainnya:

0 Response to "Pengertian Penawaran dan Macam-Macam Penawaran"

Post a Comment