Benda Pemuas Kebutuhan Menurut Kegunaannya (Utility)



Benda Pemuas Kebutuhan Menurut Kegunaannya (Utility) [image by www.nomifrod.com],

Selain benda ekonomi dan benda bebas, benda lainnya yang termasuk kedalam benda pemuas kebutuhan ialah benda konsumsi dan benda produksi. Sebenarnya benda konsumsi dan produksi merupakan termasuk kedalam benda ekonomi karena kedua benda ini didapatkan dengan melakukan pengorbanan, biasanya dalam bentuk uang.


Kedua benda ini tergolong sebagai benda pemuas kebutuhan menurut kegunaannya (Utility), karena benda konsumsi dan benda produksi mempunyai kesamaan yaitu sama-sama digunakan untuk memenuhi kebutuhan, akan tetapi ada yang membedakan kedua benda tersebut. Apa yang membedakannya? Berikut ini penjelasan dari benda konsumsi dan benda produksi.

1. Benda konsumsi

Benda konsumsi yaitu benda yang langsung dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia baik itu yang tahan lama maupun yang tidak tahan lama. Adapun contoh benda konsumsi yang tahan lama yaitu pakaian, rumah, mobil, tanah, dan lainnya.

Sedangkan yang termasuk ke dalam benda konsumsi yang tidak tahan lama ialah makanan dan minuman. Benda konsumsi juga disebut benda siap pakai, bisa dibilang juga bahwa benda konsumsi merupakan hasil dari benda produksi.

2. Benda produksi

Benda produksi adalah barang yang secara tidak langsung digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia karena harus mengalami beberapa proses produksi, misalnya, benang menjadi kain. Dari penjelasan singkat diatas, dapat kita ketahui bahwa walaupun sama-sama merupakan benda pemuas kebutuhan akan tetapi kedua benda tersebut berbeda menurut kegunaannya.

Benda konsumsi merupakan benda yang dapat langsung digunakan atau siap pakai, sedangkan benda produksi merupakan benda yang melalui proses sebelum digunakan sebagai pemuas kebutuhan.

Sumber:
  • Ekonomi 1 : Untuk SMA dan MA Kelas X/ Disusun Oleh Supriyanto, Ali Muhson; editor, Taupik Mulyadi. -- Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2009.
  • Mengasah Kemampuan Ekonomi 1 : Untuk Kelas X Sekolah Menengah Atas/Mandrasah Aliyah Program Ilmu Pengetahuan Sosial / penulis, Bambang Widjayanto, Aristanti Widyaningsih, Heraeni Tanuatmodjo ; editor, Hufron Sofiyanto, Edi Sumadi Sadikin. -- Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2009.

Materi Lainnya:

0 Response to "Benda Pemuas Kebutuhan Menurut Kegunaannya (Utility)"

Post a Comment