Home » » Keunggulan dan Kelebihan Negara Industri Maju

Keunggulan dan Kelebihan Negara Industri Maju

Perekonomian disuatu negara dikatakan maju salah satu faktornya jika mempunyai industri yang kuat, contohnya dapat dilihat pada negara-negara yag tergabung dalam kelompok G7. Kelompok G7 berisikan negara yang kaya, pada umumnya negara tersebut mempunyai industri yang kuat untuk menopang perekonomian di negaranya.


Negara-negara industri yang telah maju memiliki keunggulan atau kelebihan bukan sekedar dari teknologi dan kualitas produksi yang dihasilkan, akan tetapi yang terutama dalam beberapa hal berikut ini:
  1. Struktur industri yang sudah kuat karena ditunjang oleh bahan baku yang tersedia, tenaga ahli (terampil) cukup, permodalan besar dan pemasaran baik di dalam maupun di luar negeri cukup besar sehingga efisiensi sudah bebrjalan dengan baik.
  2. Sifat industri, teknologi yang digunakan termasuk teknologi tingkat tinggi (high technology), sedikit menggunakan tenaga kerja, permodalan relatif besar dan hasil produksinya berskala besar. Di samping itu pengorganisasian perusahaan telah maju atau modern, upah tenaga kerja tinggi, dan sumber tenaga dan infrastruktur tersedia.

Sumber pustaka: Geografi : Untuk Sekolah Menengah Umum Kelas II/ Disusun Oleh Edi Setiawan, Gatot Harmanto; editor, Mamat Ruhimat, Ela Herawati. -- Bandung: Grafindo Media Pratama, 1999.

Baca juga informasi lainnya yang berkaitan dengan "industri" berikut ini:



Posted By Muhammad Malik on | 8:48:00 AM


0 komentar:

Post a Comment

Klik disini
Back to top