Dampak Positif dan Negatif dari Pembangunan Industri



Dampak Positif dan Negatif dari Pembangunan Industri [image by csugii.blogspot.co.id],

Segala sesuatu mempunyai dampak positif dan negatifnya, tak terkecuali dengan pembangunan industri iu sendiri. Di Indonesia sedang dilakukan peningkatan pembangunan industri, hal ini karena menuntut perkembangan dunia yang dimana negara-negara maju di dunia sebagian besar perekonomiannya ditunjang oleh sektor industri.


Akan tetapi perlu juga untuk meminimalisir dari dampak negatif dari meningkatnya pembangunan industri yang tidak dapat dihindari oleh setiap negara. Apa saja dampak positif dan negatif dari pembangunan industri tersebut? Berikut ini kami berikan informasinya.

Dampak Positif Pembangunan Industri

Pembangunan industri banyak memberikan dampak positif bagi kehidupan bangsa, diantaranya seperti berikut ini:
  1. Terpenuhinya kebutuhan masyarakat oleh hasil industri dalam negeri, sehingga pada barang-barang buatan luar negeri pemakaiannya menjadi berkurang.
  2. Industri turut meningkatkan pemasukan devisa bagi negara.
  3. Pembangunan industri berarti membutuhkan tenaga kerja yang akan mengurangi pengangguran.
  4. Meningkatkan pendapatan (income) masyarakat.
  5. Memungkinkan terbukanya usaha-usaha lain diluar bidang industri, misalnya jasa angkutan, perbankan, perumahan, dan lain sebagainya.
  6. Mendorong masyarakat berpikir lebih maju dan ekonomis.
  7. Menunda usia perkawinan (usia subur) generasi muda.

Dampak Negatif Pembangunan Industri

Pembangunan industri memang tidak selalu menguntungkan karena ada beberapa dampak negatif yang merugikan, yaitu sebagai berikut.
  1. Berkurangnya lahan pertanian yang subur, karena pembangunan industri memerlukan lahan yang cukup luas, baik untuk mendirikan industri itu sendiri maupun untuk prasarana lainnya, seperti perumahan, perkantoran, dan lains sebagainya.
  2. Industri dapat menimbulkan pencemaran, terutama berupa pencemaran udara, air, tanah, dan pencemaran suara. Limbah industri yang tidak melalui pengolahan lebih dahulu akan merugikan kesehatan dan mata pencaharian petani disekitarnya.
  3. Timbulnya gaya hidup yang lebih menyukai buatan luar negeri (impor) karena tuntutan gengsi semata.
  4. Terjadi arus urbanisasi yang meningkat di kota-kota.
  5. Timbulnya perilaku konsumerisme dalam masyarakat dan gaya hidup yang boros.
Sumber pustaka: Geografi : Untuk sekolah menengah umum kelas II/ Disusun Oleh Edi Setiawan, Gatot Harmanto; editor, Mamat Ruhimat, Ela Herawati. -- Bandung: Grafindo Media Pratama, 1999.

Materi Lainnya:

2 Responses to "Dampak Positif dan Negatif dari Pembangunan Industri"