Home » » Sejarah dan Tahap-Tahap Kegiatan Industri

Sejarah dan Tahap-Tahap Kegiatan Industri


Industri merupakan kegiatan manusia dalam hal mengolah sesuatu yang berupa bahan mentah atau bahan baku menjadi bahan setengah jadi atau bahan jadi yang siap pakai. Kegiatan industri ini dipercaya telah ada sejak manusia itu ada sebab kegiatan industri itu tidak hanya mengolah bahan baku menjadi bahan jadi, akan tetapi kegiatan industri itu mencangkup semua kegiatan manusia yang sifatnya produktif dan komersial.


Inti dari kegiatan industri pada dasarnya dilakukan oleh manusia dengan tujuan untuk mempertahankan kehidupannya. Manusia jaman dahulu, kegiatan industrinya sudah pasti akan berbeda dengan manusia pada saat ini. Manusia jaman dulu, kegiatan industrinya terbatas kepada membelah dan meruncingkan batu, kemudian diikatnya untuk dijadikan perkakas berburu.

Pada saat ini jumlah dan perkembangan manusia makin tinggi, sehingga menuntut manusia untuk terus memenuhi kebutuhan hidupnya. Perkembangan jumlah dan pertumbuhan manusia tersebut, juga berakibat kepada makin kompleksnya kegiatan perindustrian.

Kegiatan industri [image by industri.bisnis.com], 
Menurut Rostow, pertumbuhan dan perkembangan kegiatan industri di dunia pada umumnya dapat dikategorikan atas beberapa tahapan, yaitu sebagai berikut.
  1. Masyarakat tradisional (The traditional society)
  2. Prakondisi menuju tinggal landas (The precondition for take off)
  3. Masa tinggal landas (Take off)
  4. Menuju ke arah kedewasaan (The drive to maturity)
  5. Masyarakat berkonsumsi tinggi (The age of high mass consumption)

Sumber pustaka: Geografi : Untuk sekolah menengah umum kelas II/ Disusun Oleh Edi Setiawan, Gatot Harmanto; editor, Mamat Ruhimat, Ela Herawati. -- Bandung: Grafindo Media Pratama, 1999.

Baca juga informasi lainnya yang berkaitan dengan "industri" berikut ini:

Terima kasih telah membaca postingan diblog ini, like dan share ke teman-teman yang lain jika postingan ini bermanfaat dengan cara mengklik tombol share Twitter, Google plus, dan Facebook dibawah ini:



Posted By Muhammad Malik on | 8:46:00 AM


4 komentar:

Back to top