Home » » Pengertian Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka

Pengertian Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka

Posted By Muhammad Malik on | 8:26:00 AM



Pengertian Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka ~ Pada umumnya terdapat beberapa ideologi atau dasar negara yang dianut oleh negara-negara di dunia, ideologi atau dasar negara tersebut ialah liberalisme, sosialisme, komunisme, fasisem, dan fundamentais. Ideologi atau dasar negara tersebut banyak dianut oleh negara-negara di dunia, berbeda dengan di Indonesia. Di Indonesia menganut ideologi yang disebut dengan ideologi Pancasila.

Seperti yang diketahui bersama, Pancasila merupakan simbol atau lambang negara yang sangat hormati oleh bangsa Indonesia, sebab Pancasila merupakan simbol persatuan bangsa Indonesia dengan semboyannya "Bhineka Tunggal Ika" yang artinya walaupun berbeda-beda tetap satu juga.

Ilustrasi Ideologi Pancasila [image by www.pelajaransekolahonline.com],
Pancasila menjadi pedoman bagi bangsa dan negara Indonesia untuk menjalankan aktivitas sehari-hari di segala aspek kehidupan. Untuk itu, Pancasila memiliki sifat terbuka, fleksibel, dan tidak kaku (luwes) sehingga dapat diterapkan di setiap generasi. Pancasila sebagai suatu ideologi terbuka telah memenuhi persyaratan kualitas tiga dimensi. Pengertian Pancasila sebagai ideologi terbuka adalah sebagai berikut.
  • Pancasila senantiasa mampu menyesuaikan perkembangan zaman tanpa harus mengubah nilai dasarnya.
  • Pancasila memiliki makna bahwa nilai-nilai dasar pancasila mampu dikembangkan sesuai tuntutan perkembangan zaman dan dinamika kehidupan bangsa Indonesia secara kreatif dan dinamis.
  • Pancasila mampu memberikan orientasi ke depan dengan menghendaki bangsa Indonesia untuk menyadari situasi dan kondisi dalam menghadapi era globalisasi dan keetrbukaan dunia dalam segala kehidupan.
Sumber pustaka: Pendidikan Kewarganegaraan / penulis, Atik Hartati, Sarwono. — Jakarta : Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2011.

Bagikan ke Temanmu

0 komentar:

Post a Comment