Home » » Pengertian Pemerintah

Pengertian Pemerintah


Pengertian Pemerintah ~ Disetiap negara terdapat sebuah pemerintahan yang memerintah, tapi tidak semua yang memerintah disebut dengan pemerintah. Dalam sistem pemerintahan disebuah negara, yang disebut dengan pemerintah adalah suatu organisasi yang mempunyai wewenang atau kekuasaan untuk membuat dan menetapkan hukum serta undang-undang di suatu daerah tertentu.

Pada hakikatnya, pemerintah memiliki arti luas dan arti sempit, pengertian pemerintahan dalam arti luas, yaitu segala aktivitas yang dilakukan negara guna menyelenggarakan kesejahteraan rakyat serta kepentingan negara yang meliputi eksekutif, legislatif, dan yudikatif dari pemerintah pusat sampai pemerintah daerah. Sedangkan pengertian pemerintahan dalam arti sempit, yaitu segala aktivitas yang diselenggarakan hanya oleh eksekutif saja, dalam hal ini presiden, raja, ataupun perdana menteri.

Menurut Dr. E. Utrecht, S.H. berpendapat tentang istilah pemerintah yang meliputi tiga pengertian berikut ini.
  1. Pemerintah adalah kumpulan semua badan kenegaraan yang berkuasa memerintah dalam arti kata yang luas, termasuk semua badan kenegaraan yang berkewajiban menyelenggarakan kesejahteraan umum yaitu badan-badan kenegaraan yang bertugas membuat peraturan (legislatif), badan-badan kenegaraan yang bertugas menyelenggarakan dan mempertahankan peraturan yang dibuat oleh badan-badan yang disebut pertama (eksekutif), badan-badan kenegaraan yang bertugas mengadili (yudikatif).
  2. Pemerintah merupakan kumpulan badan-badan kenegaraan tertinggi atau satu badan kenegaraan-kenegaraan tertinggi yang berhak memerintah di wilayah sesuatu negara, seperti Raja, Presiden, Badan Soviet Tertinggi.
  3. Pemerintah dalam arti presiden bersama-sama dengan kabinet.
Jadi pengertian pemerintahan mencakup seluruh badan-badan atau lembaga-lembaga negara yaitu legislatif, yudikatif, serta ada yang hanya terdiri satu badan saja yaitu eksekutif.

Sumber pustaka: Pendidikan Kewarganegaraan / penulis, Atik Hartati, Sarwono. — Jakarta : Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2011.


Posted By Muhammad Malik on | 9:09:00 AM


0 komentar:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...