Home » » Pengertian Sistem Pemerintahan Presidensial dan Ciri-Cirinya

Pengertian Sistem Pemerintahan Presidensial dan Ciri-Cirinya

Sistem pemerintahan digolongkan ke dalam dua jenis yaitu sistem pemerintahan presidensial dan sistem pemerintahan parlementer. Klasifikasi dari kedua sistem pemerintahan tersebut berdasarkan pada hubungan antara kekuasaan legislatif dan kekuasaan eksekutif.

Sistem pemerintahan presidensial adalah sistem pemerintahan yang dipimpin oleh seorang presiden. Kedudukan presiden sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan (eksekutif). Presiden dibantu oleh menteri-menteri yang bertanggung jawab kepadanya. Pada sistem pemerintahan presidensial yang murni, eksekutif dan legislatif tidak berhubungan secara langsung.

Antara eksekutif dan legislatif tidak dapat saling mempengaruhi, karena kedua badan atau lembaga tersebut memilikikedudukan yang sama-sama merdeka. Pemerintahan presidensial mempunyai beberapa ciri-ciri yang membedakannya dengan pemerintahan parlementer, ciri-cirinya antara lain:
  1. Presiden sebagai badan penyelenggara negara. Presiden berkekdudukan sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan (eksekutif).
  2. Presiden tidak dipilih parlemen, tetapi dipilih secara langsung oleh rakyat (PEMILU) atau badan khusus yang dikuasakan.
  3. Hubungan antara Presiden dan parlemen tidak saling menjatuhkan, karena presiden dan parlemen dipilih oleh rakyat melalui pemilihan umum, sehingga keduanya bertanggung jawab kepada rakyat.
  4. Presiden dibantu oleh seoroang wakil presiden dan para menteri yang terdapat dalam suatu kabinet oleh presiden.
  5. Presiden tidak bertanggung jawab kepada parlemen, karena presiden tidak dipilih oleh parlemen.
  6. Presiden tidak dapat diberhentikan oleh parlemen sebelum masa jabatannya berakhir. Apabila terjadi pelanggaran yang bebrtentangan dengan konstitusi atau hukum, presiden dapat dikenakan impeachment (pengadilan parlemen) yang dilakukan oleh hakim tinggi.
  7. Masa jabatan presiden ditetapkan dalam jangka waktu tertentu.
Sumber pustaka: Pendidikan K ewarganegaraan / penulis, Atik Hartati, Sarwono. — Jakarta : Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2011.


Posted By Muhammad Malik on | 9:42:00 AM


0 komentar:

Post a Comment

Klik disini