Home » » Kelebihan Dan Kekurangan Badan Usaha Perseorangan

Kelebihan Dan Kekurangan Badan Usaha Perseorangan

Posted By Muhammad Malik on | 7:35:00 PM



Kelebihan Dan Kekurangan Badan Usaha Perseorangan ~ Badan usaha perseorangan memiliki kelebihan dibandingkan dengan badan usaha lainnya, akan tetapi badan usaha perseorangan juga mempunyai kekurangan-kekurangan di dalamnya. Berikut ini kelebihan dan kekurangan badan usaha perseorangan, yaitu :

Kelebihan badan usaha perseorangan yaitu, pemilik secara otomatis sebagai pemegang kekuasaan tertinggi sehingga ia dapat mengatur dan mengendalikan sesuai dengan pandangannya, keuntungan menjadi miliknya sendiri, dan ini dapatdigunakan sebagai perluasan modal untuk mengembangan usaha, dan segala keputusan dapat diambil dengan cepat.


Sedangkan, kekurangan badan usaha perseorangan yaitu,modal terbatas karena sulit mendapat pinjaman dari pihak lain,kemampuan tenaga terbatas, dan kelangsngan jalannya usaha bergantung pada kemampuan pemilik dalam mengelolanya.

Dalam sumber buku lainnya dikemukakan pula tentan kelebihan dan kekurangan dari badan usaha perseorangan. Keuntungan perusahaan perseorangan, antara lain, sebagai berikut.
  1. Mudah didirikan
  2. Pemilik berhak atas seluruh keuntungan
  3. Pemilik berwenang sepenuhnya dalam mengambil keputusan
  4. Rahasia jaminan
  5. Pengusaha termotivasi untuk bekerja keras
  6. Keringanan dalam pembayaran pajak
  7. Mudah mengakhiri kegiatan perusahaan
Selain berbagai kelebihan yang terdapat dalam perusahaan perseorangan terdapat pula kekurangannya. Adapun kekurangan perusahaan perseorangan, antara lain, sebagai berikut.
  1. Tanggung jawab pemilik atas utang-utang perusahaan tidak terbatas
  2. Relatif sulit memupuk modal
  3. Kesulitan dalam pelaksanaan manajemen
  4. Sulit mendapatkan tenaga-tenaga profesional
  5. Kelangsungan hidup perusahaan kurang terjamin
Sumber pustaka : Ekonomi 3 : Ekonomi dan Kehidupan SMA/MA Untuk Kelas XII / Oleh Indrastuti { et al } ; Editor Inna Ratna Sari Dewi S.W ; Iswanti ; Ilustrasi Haryana Humardani. — Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2009.

Baca juga ini:

Bagikan ke Temanmu

0 komentar:

Post a Comment