Home » » Pengertian Rakyat Dalam Arti Politis

Pengertian Rakyat Dalam Arti Politis

Posted By Muhammad Malik on | 7:46:00 AM



Pengertian Rakyat Dalam Arti Politis ~ Salah satu unsur terpenting dari terbentuknya suatu negara ialah adanya rakyat atau penduduk. Rakyat meupakan sekumpulan dari beberapa orang yang mempunyai ideologi yang sama dan tinggal di daerah atau pemerintahan yang sama dan mempunyai hak dan kewajiban yang sama yaitu untuk membela negaranya bila diperlukan.

Dalam arti politis, rakyat adalah semua orang yang berada dan berdiam dalam suatu Negara atau menjadi penghuni Negara yang tunduk pada kekuasaan negara itu. Rakyat merupakan unsur terpenting Negara karena rakyatlah yang pertama kali berkehendak Negara.

Rakyat pula yang mulai merencanakan, merintis, mengendalikan, dan menyelenggarakan pemerintahan Negara. Rakyat juga merupakan salah satu untur yang paling penting dari suatu negara, tanpa adanya rakyat maka negara tidak akan dapat terbentuk. Di dalam suatu Negara, rakyat dapat dibedakan menjadi dua, yaitu Penduduk dan bukan pendududuk dan Warga Negara dan bukan warga Negara (warga Negara asing)

Baca juga ini:

Bagikan ke Temanmu

0 komentar:

Post a Comment