Contoh Kebutuhan Rohani | simpleNEWS05



Contoh Kebutuhan Rohani

Pada umumnya setiap manusia mempunyai kebutuhan sendiri-sendiri, kebutuhan ini jika tidak terpenuhi akan dapat mempengaruhi kelangsungan hidupnya. Kebutuhan manusia ini tidak terbatas dan jumlahnya yang beragam, sehingga tidak mungkin manusia tersebut dapat memenuhi semua kebutuhannya. Begitu kebutuhan satu terpenuhi maka akan muncul kebutuhan lainnya.


Saking banyaknya kebutuhan manusia maka kebutuhan-kebutuhan tersebut dikelompokkan berdasarkan beberapa hal, salah satunya ialah pengelompokkan kebutuhan berdasarkan sifatnya. Dalam kebutuhan menurut sifatnya terdapat dua jenis kebutuhan, yaitu kebutuhan jasmani yang telah kita bahas pada postingan sebelumnya dan kebutuhan rohani yang akan kita bahas kali ini beserta contohnya.

Sebenarnya kedua kebutuhan ini, jasmani dan rohani saling berkaitan dan harus diseimbangkan pemenuhannya sebab terpenuhinya kebutuhan jasmani belum menjamin seseorang menjadi bahagia akan tetapi diseimbangkan dengan pemenuhan dari kebutuhan rohani. Nah apa itu kebutuhan rohani? Kebutuhan rohani adalah kebutuhan yang berkenaan dengan rohani.

Kebutuhan rohani juga biasa disebut dengan kebutuhan spiritual dan kebutuhan yang bersifat kejiwaan, kenapa demikian? karena kebutuhan ini tidak tampak secara nyata. Hanya orang yang bersangkutan yang merasakan secara langsung. Jika kebutuhan ini terpenuhi manusia merasa secara batiniah terpuaskan kebutuhannya dan ia akan merasa bangga, bahagia, senang ataupun perasaan gembira.

Terdapat beberapa contoh dari kebutuhan rohani, antara lain yaitu membaca buku, menonton film, mendapatkan kasih sayang, hiburan, rekreasi, menjalankan ibadah, mendengarkan ceramah agama, mendengarkan wejangan atau nasihat tentang budi pekerti yang luhur, kebutuhan orang akan rasa aman, kebutuhan meyakini suatu agama atau kepercayaan tertentu, dan lain sebaginya.


Materi Lainnya:

0 Response to "Contoh Kebutuhan Rohani | simpleNEWS05"

Post a Comment