3 Komponen Bela Negara | simpleNEWS05



3 Komponen Bela Negara [image by www.vemine.com]

Bela negara adalah sebuah konsep yang disusun oleh perangkat perundangan dan petinggi suatu negara tentang patriotisme seseorang, suatu kelompok atau seluruh komponen dari suatu negara dalam kepentingan mempertahankan eksistensi negara tersebut. Setiap negara mempunyai aturan tersendiri tentang bela negara, termasuk Indonesia.


Pada postingan kita sebelumnya, kita telah membahas tentang prinsip-prinsip dari bela negara yang menjadi landasan bela negara, dimana dalam prinsip tersebut sudah disinggung tentang beberapa komponen-komponen dalam usaha untuk bela negara. Beberapa komponen tersebut ialah warga negara, serta TNI dan POLRI.

Di Indonesia, Undang-Undang yang dengan kegiatan bela negara ialah UUD 1945 Bab XII pasal 30, dalam Undang-Undang tersebut disebutkan ada beberapa kekuatan atau komponen masyarakat dalam upaya pembelaan negara. Beberapa komponen tersebut dikelompokkan menjadi 3 komponen, yaitu komponen utama, komponen cadangan, dan komponen pendukung.

  1. Komponen utama. Komponen utama ini ditempati oleh TNI, baik TNI-AD TNI-AL, TNI-AU maupun Polri. Kekuatan utama ini berada di garis depan dalam usaha pembelaan negara.
  2. Komponen cadangan. Komponen ini terdiri atas seluruh warga negara, sumber daya alam, serta sarana dan prasarana nasional yang dapat dikerahkan untuk mempertahankan atau memperkuat komponen utama.
  3. Komponen pendukung. Contoh komponen terakhir ini adalah keikutsertaan rakyat dalam pembelaan negara dengan cara membentuk Sishankamrata (sistem pertahanan dan keamanan rakyat semesta), seperti:
    • Hansip (Pertahanan Sipil);
    • Wanra (Perlawanan Rakyat);
    • Kamra (Keamanan Rakyat);
    • Menwa (resimen Mahasiswa);
    • SAR, PMI, dan lain-lain.

Itulah ketiga komponen dalam upaya untuk bela negara, dari penjelasan tersebut dapat kita simpulkan bahwa komponen bela negara dapat dibedakan menjadi 3 yaitu komponen utama yang meliputi TNI, baik TNI-AD TNI-AL, TNI-AU maupun Polri; komponen cadangan yaitu seluruh warga negara, sumber daya alam, serta sarana dan prasarana nasional; dan yang terakhir yaitu komponen pendukung yang membentuk Sishankamrata (sistem pertahanan dan keamanan rakyat semesta).


Materi Lainnya:

0 Response to "3 Komponen Bela Negara | simpleNEWS05"

Post a Comment