Hakikat dan Asas Wawasan Nusantara



Hakikat dan Asas Wawasan Nusantara

Bagi bangsa Indonesia Wawasan Nusantara merupakan hal yang sangat penting untuk diketahui, sebab dengan mempelajari serta memperluas wawasan kita terhadap nusantara maka kita akan tahu tentang luas serta beraneka ragamnya kebudayaan yang ada disetiap pulau dan daerah di Indonesia. Selain itu dengan dengan wawasan nusantara, kita juga dapat mengetahui cara pandang kita terhadap diri dan lingkungan disekitar.


Menurut Menurut Prof. Wan Usman, “Wawasan Nusantara adalah cara pandang bangsa Indonesia mengenai diri dan tanah airnya sebagai Negara kepulauan dengan semua aspek kehidupan yang beragam”.

Berarti dengan adanya pengetahuan tentang nusantara, kita sebagai bangsa Indonesia jadi lebih tahu cara pandang kita mengenai diri dan tanah air, mulai dari wilayah yang terbentuk dari beribu pulau hingga aspek kehidupan yang beragam.

Hakikat Wawasan Nusantara adalah keutuhan nusantara dalam pengertian cara pandang yang selalu utuh menyeluruh dalam lingkup nusantara demi kepentingan nasional. Hal tersebut berarti bahwa setiap warga masyarakat dan aparatur negara harus berpikir, bersikap, dan bertindak secara utuh menyeluruh demi kepentingan bangsa dan negara Indonesia.

Kita memandang bangsa Indonesia dengan Nusantara merupakan satu kesatuan. Jadi, hakikat Wawasan Nusantara adalah keutuhan dan kesatuan wilayah nasional. Dengan kata lain, hakikat Wawasan Nusantara adalah “persatuan bangsa dan kesatuan wilayah.

Asas Wawasan Nusantara merupakan ketentuan atau kaidah dasar yang harus dipatuhi, ditaati, dipelihara, dan diciptakan demi tetap taat dan setianya komponen pembentuk bangsa Indonesia terhadap kesepakatan bersama.

Jika asas Wawasan Nusantara diabaikan, komponen pembentuk kesepakatan bersama akan melanggar kesepakatan bersama tersebut yang berarti tercerai berainya bangsa dan negara Indonesia.

Adapun asas Wawasan Nusantara tersebut adalah kepentingan yang sama, keadilan, kejujuran, solidaritas, kerja sama, dan kesetiaan terhadap kesepakatan. Itulah yang menjadi asas dari wawasan nusantara yang harus dipastuhi, ditaati, dipelihara, dan diciptakan.

Sumber referensi: Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan/ Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.-- . Edisi Revisi Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017.

Materi Lainnya:

0 Response to "Hakikat dan Asas Wawasan Nusantara"

Post a Comment