Home » , » Pengertian Wilayah Formal Dan Wilayah Fungsional

Pengertian Wilayah Formal Dan Wilayah Fungsional

Posted By Muhammad Malik on | 12:05:00 PM


Pengertian Wilayah Formal Dan Wilayah Fungsional
Pengertian Wilayah Formal Dan Wilayah Fungsional ~ Pengertian wilayah merupakan suatu daerah yang mempunyai ciri-ciri atau kekhasan tersendiri yang membedakannya dengan wilayah lainnya. Misalnya daerah tersebut terdapat kegiatan ekonomi, pola pertanian, kegiatan pertambangan dan lain sebagainya.

Secara umum, wilayah dapat dibedakan dibedakan menjadi dua macam, yaitu wilayah formal dan wilayah fungsional. Berikut ini pengertian dari kedua macam wilayah tersebut.
  • Wilayah formal
  • Pengertian wilayah formal adalah kawasan yang homogen. Awalnya kriteria yang digunakan adalah kondisi fisik contohnya iklim dan topografi lalu berkembang menjadi kriteria ekonomi, misalnya industri-industri atau tipe pertanian bahkan digunakan kriteria sosial politik.
  • Wilayah fungsional
  • Pengertian wilayah fungsional adalah suatu kawasan yang difungsikan, menurut jenis dan kekhususan, suatu wilayah yang saling berhubungan satu sama lain, misalnya kota, kecamatan, dan kelurahan yang selalu berhubungan. Jadi, wilayah fungsional adalah wilayah yang dinamis serta.
Sumber pustaka : Nuansa Geografi 3 : untuk SMA / MA Kelas XII / penulis, Saptanti Rahayu, Eny Wiji Lestari, Maryadi ; editor, Sri Milangsih. — Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2009.

Baca juga:

Bagikan juga Keteman yang Lain Yah

0 komentar:

Post a Comment

Support : simpleNEWS05 | edukasi center | Softball Tutor
Copyright © 2013. simpleNEWS05 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger