Pengelompokkan Negara Berdasarkan Pendapatan Perkapita



Pengelompokkan Negara Berdasarkan Pendapatan Perkapita

Selain menggunakan pendapatan nasional, tingkat kemakmuran rakyat dapat diukur dari Pendapatan per kapita. Besarnya Pendapatan per kapita, sangat erat kaitannya dengan pertambahan penduduk. Pendapatan per kapita menunjukkan kemampuan yang nyata dari suatu bangsa dalam menghasilkan barang dan jasa dan kenikmatan yang diperoleh setiap penduduk.


Secara umum, Pendapatan per kapita dapat diartikan sebagai jumlah nilai barang dan jasa rata-rata yang tersedia bagi setiap penduduk suatu negara pada suatu periode tertentu. Adapun Bank Dunia mengelompokkan negara-negara di dunia berdasarkan Pendapatan per kapitanya menjadi lima kelompok, yaitu :

  1. Kelompok negara berpendapatan rendah (law income economies), yaitu negara-negara yang memiliki PNB per kapita lebih kecil dari US $ 520
  2. Kelompok negara berpendapatan menengah bawah (low middle income economies), yaitu negara yang memiliki PNB per kapita sekitar US $ 1740.
  3. Kelompok negara berpendapatan menengah (middle income economies) yaitu negara yang memiliki PNB per kapita sekitar US $ 2990.
  4. Kelompok negara berpendapatan menengah atas (upper-middle income economies) yaitu negara yang mempunyai PNB per kapita sekitar US$ 4870.
  5. Kelompok negara berpendapatan tinggi (high income economies), yaitu negara yang memiliki PNB per kapita sekitar US $ 25.480.

Berdasarkan pengelompokan tersebut di atas, maka negara-negara di dunia yang dapat dimasukkan ke dalam kelompok berpendapatan tinggi (high income) sebanyak 26 negara yang terdiri atas 24 negara berasal dari negara maju dan 2 negara lainnya berasal dari negara berkembang di Asia Barat Daya yaitu Kuwait dan Uni Emirat Arab (UEA).

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), memberikan pengelompokan khusus terhadap negara-negara berkembang yang dilihat dari tingkat pendapatannya, sebagai berikut:

  1. Negara paling miskin/terbelakang (least developed) berjumlah 44 negara;
  2. Negara sedang berkembang (developing nation) berjumlah 88 negara;
  3. Negara kaya (pengekspor minyak) berjumlah 13 negara.
Sumber pustaka :
  • Ekonomi : Untuk SMA/MA Kelas X / Oleh Mintasih Indriayu ; editor, Tri Tien Gunawati ; — Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2009.
  • Memahami Geografi 3 SMA/MA : Untuk Kelas XII, Semester 1 dan 2 Program Ilmu Pengetahuan Sosial / Oleh Bagja Waluya ; editor, Gurniwan Kamil Pasya ; illustrator, Tim Redaksi. — Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2009.

Materi Lainnya:

0 Response to "Pengelompokkan Negara Berdasarkan Pendapatan Perkapita"

Post a Comment