Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Elastisitas Harga



Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Elastisitas Harga

Elastisitas harga (price elasticity) merupakan persentase perubahan jumlah barang yang diminta yang disebabkan oleh perubahan harga barang tersebut dengan 1 (satu) persen. Faktor-faktor utama yang mempengaruhi besar kecilnya elastisitas harga adalah sebagai berikut.


1. Ada tidaknya barang subtitusi,

apabila tersedia subtitusi dekat bagi konsumen, maka semakin tinggi elastisitas harga suatu barang.

2. Pokok todaknya suatu barang terhadap kebutuhan manusia,

Semakin pokok suatu barang dalam memenuhi kebutuhan manusia, maka permintaan terhadap barang itu semakin inelastis (artinya semakin kecil respons perubahan harga terhadap perubahan jumlah barang yang diminta).

3. Persentase pendapatan konsumen yang dibelanjakan untuk barang itu,

Faktor utama lainnya yang mempengaruhi elastisitas harga adalah proporsi (bagian) pendapatan konsumen yang dibelanjakan untuk barang. Apabila proporsi tersebut besar, maka permintaan cenderung lebih elastis. Akan tetapi bila proporsi atau bagian pendapatan itu kecil, permintaan cenderung lebih inelastis.

4. Waktu yang diperlukan untuk penyesuaian terhadap harga baru,

Makin panjang waktu yang diperlukan untuk menyesuaikan, akan semakin elastis permintaan suatu barang. Apabila harga suatu barang berubah, untuk jangka waktu yang lebih lama jumlah yang diminta akan barang itu menjadi semakin banyak.


Materi Lainnya:

0 Response to "Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Elastisitas Harga"

Post a Comment