Tempat Wisata Populer di Nusa Tenggara Barat (NTB)



Provinsi Nusa Tenggara Timur atau biasa disingkat dengan NTB merupakan salah satu Provinsi yang dulunya dikenal sebagai Wilayah Provinsi Sunda Kecil, sat ini Provinsi Sunda Kecil terbagi menjadi tiga Provinsi yaitu Bali, NTB, dan NTT. NTB terbentuk dari beberapa pulau dan mempunyai dua Pulau utama, yaitu Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa.


Provinsi yang Beribu Kotakan Mataram ini mempunyai batas-batas sebagai berikut, sebelah Utara berbatasan dengan Laut Flores, sebelah Timur berbatasan dengan Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), sedangkan sebelah Selatan berbatasan dengan Samudera Hindia, dan sebelah Barat berbatasan dengan Provinsi Bali.

Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTB) sangat terkenal dengan wisata alamnya yang berupa pantai, bahkan pantai di NTB disebut-sebut sama indahnya dengan pantai yang ada di Pulau Bali, sehingga NTB bisa dijadikan tempat wisata alternatif bersama keluarga untuk menghabiskan liburan sekolah atau liburan akhir tahun. Adapun tempat wisata populer yang ada di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) berikut daftarnya.

1. Gunung Rinjani
Gunung Rinjani [image by www.wisatania.com], 

Gunung Rinjani merupakan salah satu Gunung berapi aktif yang ada di NTB, Gunung ini mempunyai ketinggian 3726 m dpl dan merupakan salah satu gunung berapi tertinggi di Indonesia, tepatnya gunung tertinggi kedua setelah Gunung Kerinci di Sumatera Barat. Disini kita dapat melakukan pendakian dengan menikmati pemandangan alam yang indah disekitar Gunung.

2. Danau Segara Anak
Danau Segara Anak [image by wisatabaliutara.com], 

Jika anda mencapai puncak Gunung Rinjani, anda akan disuguhkan pemandangan yang indah berupa Danau Segara Anak yang terdapat di puncak  Rinjani. Jika anda menikmati keindahannya maka rasa capek yang kita rasakan selama mendaki akan terobati dengan keindahan Danau Segara Anak serta pemandangan sekitar puncak Gunung Rinjani.

Disini kita dapat melakukan beberapa hal yaitu berkemah/kemping, juga pengunjung bisa memancing ikan di danau atau berendam di air panas yang mengandung belerang.

3. Gunung Tambora
Gunung Tambora [image by geoenviron.wordpress.com], 

Satu lagi Gunung yang dapat anda jelajahi jika berkunjung di NTB yakni Gunung Tambora, gunung ini terkenal akan letusannya yang sangat dahsyat pada tahun 1800an. Gunung yang mempunyai tinggi 2850 m dpl ini berlokasi di Pulau Sumbawa dan terletak di dua Kabupaten yaitu Kabupaten Dompu dan Kabupaten Bima.

Gunung Tambora menyuguhkan keindahan alam selama pendakian serta keindahan yang lebih lagi jika telah sampai ke puncaknya membuat kita merasa segar kembali setelah mendaki gunung ini.

4. Pantai Senggigi
Pantai Senggigi [image by iklantravel.com], 

Pantai Senggigi merupakan salah satu pantai yang populer di NTB, letaknya di pesisir Pulau Lombok dan disini sudah banyak sekali fasilitas yang disediakan untuk pengunjung seperti restoran, hotel, penginapan, transportasi, dan lainnya.

Jika kita berada disini, kita seolah-olah berada di Pantai yang berada di bali dengan hamparan pasir putih yang bersih serta suara ombak dan semilir angin laut membuat suasana terasa nyaman. Disini kita dapat melakukan beebrapa aktifitas seperti melihat terumbu karang, berenang dipantai, berjemur, atau sekedar berbaring di atas pasir sambil menikmati angin laut.

5. Gili Trawangan
Pantai di Gili Trawangan [image by www.bali-indonesia.com], 

Gili Trawangan merupakan salah satu pulau dari tiga pulau yang terdapat di sebelah barat Pulau Lombok yang banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Dibandingkan dengan ketiga Gili lainnya, Gili Trawangan merupakan yang terbesar dengan panjang 3 km dan luas 2 km menyuguhkan beberapa tempat wisata yang wajib dikunjungi.

Beberapa aktifitas yang dapat dilakukan di Gili Trawangan ialah menikmati keindahan pantainya, berenang, menyelam, water sport, bersepeda, dan kegiatan lainnya yang pasti menyenangkan.

6. Gili Air
Gili Air [image by www.booking.com], 
7. Pantai Kuta Lombok
Pantai Kuta Lombok [image by wisata-alam.kampung-media.com], 
8. Pantai Sire
Pantai Sire [image by lombok.panduanwisata.id], 
9. Pantai Sekotong
Pantai Sekotong [image by ksmtour.com], 
10. Pura Batu Bolong
Pura Batu Bolong [image by www.margatour.com], 

Materi Lainnya:

0 Response to "Tempat Wisata Populer di Nusa Tenggara Barat (NTB)"

Post a Comment