Faktor yang Mempengaruhi Pembangunan Ekonomi | simpleNEWS05



Faktor yang Mempengaruhi Pembangunan Ekonomi [image : www.tubasmedia.com],
Faktor yang Mempengaruhi Pembangunan Ekonomi ~ Banyak hal yang merupakan pendorong bagi setiap negara untuk melaksanakan pembangunan ekonomi antara lain, yaitu sebagai berikut : Banyak negara yang mengalami perkembangan pendapatan nasional yang hanya cukup untuk sekedar mengimbangi pertambahan penduduk.

Adanya perbedaan tingkat hidup antar negara; Enam puluh tujuh persen dari penduduk dunia menerima kurang dari tujuh persen pendapatan dunia; dan Kesadaran dari negara yang berpendapatan rendah berkehendak untuk berkembang ke tingkat hidup yang lebih tinggi.


Namun, dalam melakukan pembangunan antara negara yang satu dengan negara yang lainnya tidak mungkin akan sama. Ketidak samaan itu disebabkan oleh perbedaan faktor alam, teknologi, dan kualitas manusia. Empat faktor yang mempengaruhi pembangunan dan pertumbuhan ekonomi negara berkemang, yaitu sebagai berikut :

1. Sumber daya manusia

Faktor yang Mempengaruhi Pembangunan Ekonomi yang pertama adalah sumber daya manusia. Manusia merupakan faktor produksi yang sangat penting dalam pembangunan ekonomi karena manusia mempunyai peranan dalam menciptakan teknologi baru selain mengembangkan teknologi yang sudah ada, serta mengorganisasikan faktor-faktor produksi lainnya.

2. Sumber daya alam
Faktor yang Mempengaruhi Pembangunan Ekonomi yang kedua adalah sumber daya alam. Sumber daya alam dapat dikategorikan atas sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. pemanfaatan sumber daya alam yang dapat diperbaharui harus disertai atas usaha-usaha untuk menjaga kelestariannya supaya dapat digunakan lagi.
3. Pembentukan modal
Faktor yang Mempengaruhi Pembangunan Ekonomi yang berikutnya adalah pembentukan modal. Bagi negara-negara berkembang, kekurangan modal merupakan suatu masalah yan harus dipecahkan. perndapatan per kapita yang rendah sekali mengakibatkan sulitnya mengadakan pembentukan modal.

4. teknologi
Faktor yang Mempengaruhi Pembangunan Ekonomi yang terakhir adalah teknologi. Teknologi mempunyai peranan yang sangat penting dalam pencapaian kemajuan bidang ekonomi. nilai tambah bawang dan jasa yang didapat oleh negara-negara maju jauh lebih besar bila dibandingkan dengan negara-negara yang sedang berkembang, karena teknologi yang telah maju dapat meningkatankan efisiensi dan efektifitas produksi.

Baca juga ini:

Materi Lainnya:

0 Response to "Faktor yang Mempengaruhi Pembangunan Ekonomi | simpleNEWS05"

Post a Comment