Perbedaan Antara Produksi Massa dan Produksi Satuan | simpleNEWS05



Perbedaan Antara Produksi Massal dan Produksi Satuan

Seperti yang telah kita ketahui sebelumnya Produksi merupakan setiap tingkatan manusia yang membuat atau menambah faedah atau manfaat (utility), atau setiap usaha manusia yang menghasilkan barang dan jasa agar lebih berguna untuk memenuhi suatu kebutuhan manusia. Menurut sifatnya, produksi itu dapat dibagi menjadi dua macam yaitu produksi massal dan produksi satuan.


Prosuksi massal adalah produksi yang dibuat untuk kepentingan massal atau umum, dan dibuat secara masal atau dalam jumlah banyak. Misalnya, produksi rokok, sabun, korek api, ban kendaraan bermotor, minuman botol dan lain-lain. Pada produksi massal ini juga dikenal adanya produksi massal berseri, yaitu produksi massal yang dibuat berseri, misalnya televisi dibuat secara berseri dengan berbagai ukuran layar.

Produksi satuan adalah produksi yang dibuat berdasarkan pesanan. Produksi satuan dibuat untuk melayani kepentingan perorangan atau pemesan. Bentuk, ukuran, warna dan lain-lainnya ditentukan oleh pemesan. Produsen membuat barang sesuai dengan keinginan pemesannya.

Itu sebabnya produksi satuan dibuat dalam jumlah yang terbatas atau tidak banyak. Pada produksi satuan juga dikenal produksi satuan seri, yaitu produksi satuan yang dibuat berseri. Ukuran produk dibuat bertingkat-tingkat, dari ukuran kecil sampai ukuran besar.

Apa yang menyebabkan produksi massal sangat efektif dibandingkan dengan produksi satuan? Mudah sekali, dari pengertian diatas sudah dapat kita simpulkan bahwa produksi massal dibuat dalam jumlah yang banyak tanpa berdasarkan permintaan, tidak seperti produksi satuan yang membuat sebuah produk berdasarkan pesanan, sehingga barangnya cenderung eksklusif dan tidak semua orang bisa menikmatinya.

Nah itulah perbedaan antara produksi massal dan produksi satuan, serta mengapa produksi massal sangat efektif dibanding dengan produksi satuan. Semoga penjelasan singkat diatas dapat membantu serta menambah pengetahuan teman-teman semua.


Materi Lainnya:

0 Response to "Perbedaan Antara Produksi Massa dan Produksi Satuan | simpleNEWS05"

Post a Comment