Jenis Jenis Citra Foto Berdasarkan Spektrum Elektromagnetik yang Digunakan



Sebelum kita membahas tentang jenis jenis citra foto berdasarkan spektrum elektromagnetik yang digunakan, terlebih dahulu kita perlu mengetahui apa itu citra foto. Citra foto adalah gambaran suatu objek yang dibuat dari pesawat udara, dengan menggunakan kamera udara sebagai alat pemotret.


Hasil dari citra foto dikenal dengan istilah foto udara. Citra foto dapat dibedakan menurut beberapa aspek, salah satunya ialah berdasarkan spektrum elektromagnetik yang digunakannya. Berdasarkan spektrum elektromagnetik yang digunakan, citra foto dapat dibedakan menjadi 3, yaitu sebagai berikut:

1. Foto Ultraviolet
citra foto udara ultraviolet - allsuccessful.blogspot.com

Foto Ultraviolet adalah foto yang dibuat dengan menggunakan spektrum ultraviolet dekat dengan panjang gelombang 0,29 mikrometer. Cirinya adalah mudah untuk mengenali beberapa objek karena perbedaan warna yang sangat kontras. Kelemahan dari citra foto ini adalah tidak banyak informasi yang dapat disadap.

Foto ini sangat baik untuk mendeteksi tumpahan minyak di laut, membedakan atap logam yang tidak dicat, jaringan jalan aspal, batuan kapur, juga untuk mengetahui, mendeteksi, dan memantau sumber daya air.

2. Foto Ortokromatik
citra foto udara ortokromatik - balittra.litbang.pertanian.go.id

Foto Ortokromatik adalah foto yang dibuat dengan menggunakan spektrum tampak dari saluran biru hingga sebagian hijau (0,4 – 0,56 mikrometer). Cirinya banyak objek yang bisa tampak jelas. Foto ini bermanfaat untuk studi pantai karena filmnya peka terhadap objek di bawah permukaan air hingga kedalaman kurang lebih 20 meter.

3. Foto Pankromatik
citra foto udara pankromatik - sejahtera15.com

Foto pankromatik adalah foto yang menggunakan seluruh spektrum tampak mata mulai dari warna merah hingga ungu. Kepekaan film hampir sama dengan kepekaan mata manusia. Pada umumnya digunakan film sebagai negatif dan kertas sebagai positifnya. Wujudnya seperti pada foto, tetapi bersifat tembus cahaya. Foto pankromatik dibedakan menjadi 2 yaitu pankromatik hitam putih dan foto infra merah.

4. Foto Inframerah Asli (True Infrared Photo)

Foto inframerah asli (true infrared photo) adalah foto yang dibuat dengan menggunakan spektrum inframerah dekat hingga panjang gelombang 0,9 – 1,2 mikrometer yang dibuat secara khusus. Cirinya, dapat mencapai bagian dalam daun, sehingga rona pada foto inframerah tidak ditentukan oleh warna daun tetapi oleh sifat jaringannya. Foto ini baik untuk mendeteksi berbagai jenis tanaman termasuk tanaman, yang sehat atau yang sakit.

5. Foto Inframerah Modifikasi

Foto inframerah modifikasi adalah foto yang dibuat dengan inframerah dekat dan sebagian spektrum tampak pada saluran merah dan sebagian saluran hijau. Dalam foto ini, objek tidak segelap apabila kita menggunakan film infra merah sebenarnya, sehingga dapat dibedakan dengan air.

Sumber referensi:
  • Geografi 3 : Untuk SMA/MA Kelas XII / Oleh Daang Endarto; penyunting, Titik Haryanti; ilustrasi, Haryana Humardani, Cahyo Muryono. -- Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendiikan Nasional, 2009.
  • Memahami Geografi 3 SMA/MA : Untuk Kelas XII, Semester 1 dan 2 Program Ilmu Pengetahuan Sosial / Oleh Bagja Waluya ; editor, Gurniwan Kamil Pasya ; illustrator, Tim Redaksi. — Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2009.

Materi Lainnya:

0 Response to "Jenis Jenis Citra Foto Berdasarkan Spektrum Elektromagnetik yang Digunakan"

Post a Comment