Kelebihan Dan Kelemahan Perusahaan Jawatan (Perjan)



kelebihan dan kekurangan perjan
Kelebihan dan kekurangan perjan

Perusahaan Jawatan atau yang biasa disingkat dengan Perjan merupakan badan usaha milik negara yang seluruh modalnya dimiliki negara dan tujuan utamanya memberikan layanan kepada masyarakat. Perjan umumnya didirikan oleh negara sebagai suatu bagian dari departemen tertentu. Dalam operasinya, perjan dipimpin oleh seorang kepala jawatan.


Contoh perjan adalah PJKA (Perusahaan Jawatan Kereta Api) yang sekarang berubah bentuk menjadi PT KAI (Perusahaan Kereta Api Indonesia). Perjan memiliki kelebihan dan kekurangan. Adapun Kelebihan dari Perusahaan Jawatan atau Perjan adalah:

  1. Menangani bidang- bidang usaha penting yang menguasai hajat hidup orang banyak.
  2. Tujuan utamanya adalah memberikan layanan kepada masyarakat.
  3. Seluruh modalnya adalah milik negara.
Sedangkan kekurangan dari Perusahaan Jawatan atau Perjan antara lain adalah:
  1. Sering terjadi pemborosan (inefisiensi), karena tidak adanya perusahaan saingan.
  2. Tingkat produktivitas kurang, karena status pegawainya adalah pengawai negeri sipil. Pada umumnya, pegawai negeri sipil kurang produktif karena dalam menghargai karyawan lebih mementingkan unsur senioritas dan masa kerja dibanding unsur profesionalisme karyawan.
  3. Sering menjadi alat politik kelompok tertentu, sehingga perjan menjadi sapi perahan (diperas) untuk kepentingan kelompok tersebut.
  4. Jika perjan rugi, berarti negara yang dirugikan. Sebagai catatan, sekarang ini sudah tidak ada lagi BUMN yang berbentuk perjan. Semua sudah berubah menjadi perum atau persero.

Nah, itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari Perusahaan Jawatan atau Perjan, jika teman-teman mengetahui kelebihan dan kekurangan lainnya dari Perjan, bolehlah teman-teman membaginya dengan menuliskan pada kotak komentar dibawah. Semoga penjelasan singkat diatas dapat membantu dan menambah pengetahuan teman-teman semua.

Daftar pustaka : Ekonomi 3 : Untuk Kelas XII SMA dan MA / penulis,Chumidatus Sa’dyah, Dadang Argo P. -- Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2009.

Materi Lainnya:

0 Response to "Kelebihan Dan Kelemahan Perusahaan Jawatan (Perjan)"

Post a Comment